Bagaimana ikan tidur kalau matanya selalu terbuka ?

Seperti juga makhluk hidup lainnya, ikan juga perlu tidur untuk memulihkan energinya, tetapi cara tidurnya berbeda. Hampir semua ikan tidak mempunyai kelopak mata, sehingga ikan tidak dapat menutup matanya, meskipun saat itu sedang tidur pulas.

Dalam keadaan mata yang terbuka, ikan tetap bisa tidur (beristirahat untuk memulihkan energinya). Cara ikan beristirahat pun macam-macam. Ada yang berhenti berenang dan membiarkan tubuhnya melayang-layang dalam air seperti ikan tuna. Ada yang sembunyi dan diam tenang di balik terumbu karang. Ada juga yang berbaring di dasar laut, sungai, atau perairan lainnya. Sama seperti kita, ada ikan yang tidur di siang hari, ada juga yang tidur di waktu malam.

Bagaimana menurut anda ?

Seperti juga makhluk hidup lainnya, ikan juga perlu tidur untuk memulihkan energinya, tetapi cara tidurnya berbeda dengan kita. Hampir semua ikan tidak mempunyai kelopak mata, sehingga ikan tidak dapat menutup matanya, meskipun saat itu sedang tidur pulas.

Cara ikan beristirahat pun macam-macam.

Ada yang berhenti berenang dan membiarkan tubuhnya melayang-layang dalam air seperti ikan tuna. Ada yang sembunyi dan diam tenang di balik terumbu karang. Ada juga yang berbaring di dasar laut, sungai, atau perairan lainnya. Sama seperti kita, ada ikan yang tidur di siang hari, ada juga yang tidur di waktu malam.

sumber : https://saintif.com/ikan-tidur/

Jika kalian memiliki akuarium, tentu akan lebih mudah mengamati bagaimana kondisi tidur ikan. Suatu saat pasti ikan peliharaan kalian akan berada dalam kondisi terdiam seperti sedang tak sadarkan diri, tapi dengan mata yang tetap terbuka dan pada umumnya akan diam di dasar akuarium.

Dan jika kita taburkan makanan kesukaannya, akan sangat lama sampai si ikan memberikan respons. Itulah saat ia tidur.

Beberapa jenis ikan bahkan harus tetap membuat gerakan saat tidur, agar aliran air tetap terjaga menuju insangnya. Hal ini memastikan si ikan mendapat cukup pasokan oksigen. Ikan yang lebih besar seperti hiu, akan membuat gerakan berenang sangat perlahan ketika tidur. Tetap dengan mata terbuka.

Sedangkan ikan yang hidup di lingkungan bebatuan koral, akan menelusup di antara bebatuan saat tidur, supaya terlindung dari predator.

Sumber: