Bagaimana ikan bisa berenang sepanjang waktu ?

Ikan berenang

Ikan berenang merupakan sebuah kepastian, karena ikan hidupnya di air. Pertanyaannya adalah bagaimana ikan bisa berenang sepanjang waktu ?

Sirip ikan memungkinkan ikan bergerak dalam air karena memperoleh gaya dorong dari gerakan siripnya yang lebar. Sirip ini memberikan tekanan yang besar ke air ketika sirip tersebut digerakkan. Akibatnya, ikan memperoleh gaya dorong air sebagai reaksinya. Reaksi tersebut sesuai dengan hukum III Newton.

Pada saat ikan berenng juga mengalami gaya apung/gaya ke atas padasaat berenang. Hal ini sesuai dengan prinsip Archimedes yang berbunyi: sebuahbenda yang tenggelam seluruhnya atau sebagian dalam suatu fluida diangkat keatas oleh sebuah gaya yang sama dengan berat fluida yang dipindahkan.

Ketika ada kecepatan relatif antara air dan ikan, tubuh ikan akan mengalami gaya gesekfluida yang melawan gerak relatif ikan dengan arah sesuai arah alir air relatif terhadap ikan. Gaya gesek yang dialami ikan adalah gaya gesek zat alir.

Penyesuaian tekanan gas menggunakan kelenjar gas sehingga mendapatkan daya apung netral dan dapat naik dan turun pada berbagai kedalaman. Ketika akan menuju dasar, ikan memperkecil volumenya dengan sedikit menghirup O2. Dan ketika akan menuju ke permukaan, ikan akan memperbesar volumenya dengan menghirup banyak O2.

Sumber: