Bagaimana identifikasi keragaman kucing domestik berdasarkan morfogenetiknya?

Bagaimana identifikasi keragaman kucing domestik berdasarkan morfogenetiknya?

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki keanekaragaman variasi pola, kombinasi warna bulu, panjang ekor, dan panjang rambut. Variasi tersebut merupakan ekspresi dari beberapa gen dan dalam suatu populasi terdapat keragaman gen tersebut. Bagaimana identifikasi keanekaragaman kucing domestik berdasarkan morfogenetiknya?

1 Like

Kucing domestik atau dalam bahasa latin felis dometicus merupakan kucing yang memiliki panjang tubuh 76 cm, berat tubuh pada betina 2-3 kg, yang jantan 3-4 kg dan
lama hidup berkisar 13-17 tahun. Gen yang berperan dalam penampakan bulu panjang ditentukan oleh gen resesif ( ll), sedangkan kucing berbulu pendek memiliki sepasang gen dominan (LL) (Noor, 1998). Panjang ekor dikendalikan oleh gen Manx. Kucing berekor pendek bergenotip (Mm) (Pollard, 2000).

Frekuensi alel yang mengendalikan ekspresi variasi dalam suatu populasi dapat diduga melalui bentuk morfogenetik pada kucing (Nozawa et al. 2004). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi nilai frekuensi alel diantaranya: kawin acak, migrasi, mutasi, seleksi alam, efek kombinasi dari seleksi dan mutasi, serta hanyutan gen (Hartl dan Clark 1997). Dalam sekelompok individu kucing yang menempati suatu lokasi tertentu, terdapat keragaman gen-gen tersebut dan dapat dihitung berdasarkan nilai heterozigositas (h) dan heterozigositas rataan (H).

Berdasarkan nilai frekuensi alel yang diteliti oleh Mariandayani (2012), tipe liar memiliki frekuen alel lebih tinggi dari tipe mutan. Nilai heterozigositas rataan ( H ) di wilayah Tangerang adalah 49.7 % . Lokus Ta -T-t b memiliki keragaman alel (h) yang lebih tinggi dibandingkan lokus lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa kucing yang memiliki alel tersebut tersebar luas sehingga terjadi aliran gen melalui kawin acak.

Referensi

Hartl DL. Clark AG. 1997. Principles of Population Genetics. Ed ke-3. Massachusetts: Sinauer Associates, Inc.

Mariandayani, Harini. 2012. Keragaman Kucing Domestik (felis domesticus) berdasarkan Morfogenetik. Jurnal Peternakan Sriwijaya. Vol 1 (1) : 10-19

Nozawa K, Masangkay JS, Kawamoto Y, Tanaka H, Namikawa T. 2004. Morphogenetic traits and gene frequencies of the feral cats in the Philippines. Rep. Soc. Res. Native Livestock 21: 275-295.