Bagaimana hukumnya mendoakan orang tua kita?

Orang tua

Orang tua adalah dua insan yang paling berjasa di hidup kita. Dalam islam, terdapat perintah untuk selalu mendoakan orang tua kita. Bahkan saat orang tua kita masih hidup. Bagaimana hukumnya mendoakan orang tua kita?

Kewajiban seorang anak adalah berbuat baik dan senantiasa mendoakan kedua orangtuanya. Hal ini merupakan perilaku yang mulia. Berbuat baik (ihsan) kepada orangtua memang diperintahkan oleh Allah Swt. Mengenai persoalan penting ini, marilah kita perhatikan firman Allah Swt. sebagai berikut:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. al-Isrâ’ [17]: 23)

Betapa sangat penting untuk berbuat baik kepada kedua orangtua, dalam firman Allah Swt. di atas, perintah ini disampaikan oleh-Nya setelah perintah agar jangan menyembah selain Dia. Hal ini menunjukkan bahwa berbuat baik kepada kedua orangtua adalah sebuah perilaku yang harus dijunjung tinggi dan jangan sampai dilupakan. Termasuk perbuatan baik kepada kedua orangtua adalah menjaga perasaannya. Bahkan, kita tidak boleh mengucapkan kata “ah” kepada keduanya. Apalagi, berkata kasar, atau lebih tercela lagi adalah berlaku kasar kepada kedua orangtua.

Berbuat baik kepada kedua orangtua ini penting sekali untuk kita lakukan. Hal ini jangan sampai orangtua tidak meridhai kita. Betapa sedihnya apabila keadaan ini yang terjadi. Sebab, keridhaan Allah tergantung dari keridhaan kedua orangtua. Begitu pula dengan kemarahan atau murkanya.

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Keridhaan Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tua dan murka Allah pun terletak pada murka kedua orang tua.” (HR. Hakim)

Di samping berbuat baik kepada kedua orangtua, jangan sampai kita lupa untuk mendoakan keduanya. Mendoakan kedua orangtua tidak harus menunggu mereka atau salah satunya meninggal dunia. Ketika masih hidup pun, kita, sebagai anak, sudah semestinya untuk mendoakan kedua orangtua. Sungguh, jangan sampai melupakan amalan yang penting itu karena, ternyata, ketika seseorang tidak lagi mendoakan orangtuanya maka rezekinya akan terputus.

Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Jika seorang hamba tidak lagi mendoakan orangtuanya maka rezekinya akan terputus.” (HR. Hakim dan Dailami)

Siapakah yang ingin rezekinya terputus? Terputus di sini bisa jadi bermakna benar-benar terputus atau terbutus keberkahannya dari Allah Ta’ala. Sudah barang tentu tak ada satu pun di antara kita yang menginginkannya. Alangkah sedihnya bila hal ini terjadi. Oleh karena itu, bagi kita yang menginginkan rezeki melimpah dan mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. maka jangan sekali-kali untuk melupakan berdoa kepada kedua orangtua.

Sumber : https://almanhaj.or.id/3073-baktimu-kepada-orang-tua.html