Bagaimana Hukum Meninggikan Badan Dalam Islam?

Meninggikan Badan

Bagaimana hukum meninggikan badan dalam Islam?

Mempunyai tubuh ideal merupakan impian bagi setiap orang. Pada hakikatnya manusia dapat bertambah tinggi hingga berusia 20 sampai 25 tahun. Pertumbuhan akan terjadi disaat seseorang memasuki masa pubertas bahkan perkembangan tinggi badan dapat tumbuh kurang lebih 10 cm setiap tahunnya.

Di dalam Islam meninggikan badan hukumnya makruh. Makruh merupakan satu hal yang disarankan untuk tidak dilakukan akan tetapi jikapun dilakukan maka hal tersebut tidak akan menjadi dosa dan jika pun tidak dilakukan maka akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Tinggi badan merupakan kodrat dari Allah, jika telah memasuki usia dimana kita sudah tidak bisa bertambah tinggi lagi maka sebaiknya janganlah meninggikan badan hal tersebut merupakan hal yang makruh. Alangkah lebih baiknya menerima kodrat yang telah Allah berikan. Akan tetapi jika Anda ingin tetap untuk meninggikan badan boleh-boleh saja asalkan tidak melanggar syariat islam dan tidak membahayakan kesehatan.

Dalam berbagai kisah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam telah dijelaskan mengenai postur tubuh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW mempunyai tinggi badan yang ideal. Jika Anda ingin mempunyai tinggi badan yang ideal maka coba lakukan cara-cara yang sering dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.

Dengan mengikuti kebiasaan-kebiasaan Rasulullah SAW maka Allah akan mengabulkan keinginan Anda untuk mempunyai tinggi badan yang ideal.

Berikut ini cara hidup sehat Rasulullah SAW yang dapat membantu meninggikan berat badan diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Mengatur pola hidup yang sehat

Tips sehat ala Rasulullah yang pertama yaitu mengatur pola hidup yang sehat tentunya akan sangat berpengaruh baik itu untuk tinggi badan maupun untuk berat badan. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam membiasakan untuk hidup sehat dengan cara mengatur pola makan sehat ala Rasulullah seperti membiasakan makanan yang halal.

Makanan yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah SAW diantaranya yaitu kurma, madu, anggur dan juga daging. Kebiasaan Rasulullah SAW setiap pagi yaitu minum air putih dengan ditambah 1 sdm madu alami.

Dan pada saat memasuki sholat dhuha Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam akan mengkonsumi sebnayak 7 butir kurma. Dan ketika malam hari Rasulullah SAW biasanya mengkonsumsi sayuran. Oleh karena itu coba ikuti pola hidup sehat Rasulullah SAW dengan begitu untuk meninggikan badan akan semakin mudah tercapai.

2. Patuh terhadap perintah Allah

Selain melakukan pola hidup yang sehat kunci utama dari segala hal yaitu patuh terhadap perintah Allah SWT. Berbagai aktivitas yang akan dilakukan hendaknya diawali oleh doa sebelum makan dengan begitu maka akan membuat rasa syukur meningkat terhadap Allah.

Dengan meningkatnya rasa syukur maka akan membuat kita menjadi patuh terhadap semua perintah Allah dan akan memberikan manfaat untuk kehidupan kita diberbagai bidang.

Oleh karena itu lakukan berbagai kewajiban kita sebagai umat Islam, jangan pernah tinggalkan shalat dan lakukan ibadah wajib lainnya. Selain melakukan kewajiban sebagai umat Islam jauhi pula segala hal yang Allah benci atau segala hal yang dilarang oleh Allah SWT.

3. Mengatur pola tidur dan juga tidak melakukan hal yang berlebihan

Rasulullah SAW menyarankan agar umatnya tidak mengobrol atau beraktivitas setelah isya. Rasulullah SAW menyarankan kepada umatnya agr tidur setelah shalat isya atau tidur pada pukul 21.30 dan disarankan untuk bangun di saat 1/3 malam untuk melakukan shalat tahajud. Dengan melakukan kebiasaan Rasulullah SAW tersebut maka akan membantu dalam produkti hormone pertumbuan dengan begitu HGH akan bekerja secara aktif dan maksimal.

Selain itu beliau juga tidak menyukai dan menghindari hal-hal yang berlebihan seperti jika halnya jika ingin makan maka makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Jangan makan secara berlebihan karena Allah tidak menyukai orang yang serakah. Dengan mengatur cara makan tersebut maka akan membantu dalam proses penyerapan nutrisi oleh tubuh.

4. Berolahraga secara rutin

Gaya hidup sehat Rasulullah yang terakhir yaitu melakukan olahraga secara rutin. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam selalu melakukan olahraga secara rutin. Jenis olahraga yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW diantaranya yaitu memanah, berkuda dan juga berenang.

Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan Siti Aisyah dan juga anak-anaknya untuk berolahraga memanah. Kebiasaan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dalam berolahraga secara rutin terbukti manfaatnya dimana semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW selalu hidup sehat segar bugar dan mempunyai tubuh yang kuat.

Jika Anda mencoba mengikuti kebiasaan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dalam melakukan olahraga secara rutin maka akan membantu meninggikan badan.

Dengan begitu untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal Anda tak perlu melakukan berbagai cara yang dapat memberikan efek samping untuk tubuh seperti mengkonsumsi suplemen peninggi, dll.

Anda hanya perlu mengikuti kebiasaan hidup Rasulullah SAW maka dengan seizin Allah tinggi badan bisa bertambah sesuai dengan harapan tentunya tidak hanya dengan kebiasaan saja hal tersebut perlu dibarengi dengan beribadah kepada Allah dan patuh kepada Allah.

Dari uraian diatas maka hukum meninggikan badan diperbolehkan selagi tidak membahayakan kesehatan. Sedangkan hukum meninggikan tinggi badan dalam Islam hukumnya makruh. Jika memang telah memasuki usia yang sudah tidak bisa mengalmai pertumbuhan berat badan maka sebaiknya terima saja dan bersyukur atas kesehatan yang dimiliki.