Bagaimana hukum melakukan sunat atau khitan di bulan Ramadhan?

Sunat atau khitan atau sirkumsisi (circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Bagaimana hukum melakukan sunat atau khitan di bulan Ramadhan?

Khitan adalah sebuah operasi kecil atau kegiatan untuk menyempurnakan organ kelamin laki laki yang termasuk upaya untuk menjalankan keutamaan kebersihan dalam islam dan dilakukan secara medis dengan cara mengambil kulup dari kepala penis dan dari semua tindakan yang dilakukan tidak ada satupun tindakan atau kegiatan yang berhubungan dengan mengonsumsi makan atau minuman yang dilakukan. Oleh karena itu, tidak ada aturan secara agama atau secara syariat islam yang membuat puasa ramadhan menjadi batal karena dilakukannya khitan.

Sesungguhnya khitan yang dilakukan laki laki di bulan Ramadhan bukanlah hal yang membatalkan puasa, jadi apabila ada orang tua yang ingin mengkhitankan anak mereka yang memang sudah waktunya untuk dikhitan dan ia sedang belajar menjalankan ibadah puasa ramadhan, tidak akan mengganggu puasa ramadhan yang dilakukannya tersebut sebab hukum khitan bagi perempuan maupun hukum khitan bagi laki laki sudah diatur dalam syariat islam.

Jadi bagi para orang tua, sebaiknya jangan membiarkan bulan ramadhan menjadi penghalang atau menjadi alasan untuk menunaikan kewajiban yang dimiliki sebagai orang tua kepada anak laki-lakinya yakni mengenai khitan yang memang harus dilakukan orang tua. Misalnya ialah ketika di waktu liburan sekolah dan ingin melakukan khitan untuk anak laki laki agar memiliki waktu yang tepat untuk istirahat setelah khitan,sebab ada keutamaan orang tua dalam islam yaitu untuk menjalankan kewajiban khitan pada anak laki lakinya.

Dan jika liburan sekolah tersebut ternyata jatuh pada bulan suci ramadhan, orang tua sebaiknya jangan lantas buru-buru untuk membatalkan niat atau menunda niat untuk mengkhitankan anak laki lakinya. Sebab itu setiap orang tua harus memiliki ilmu dan pemahaman tentang islam sebelum mengambil keputusan atau bertanya kepada yang ahli dan banyak membaca ilmu pengetahuan tentang islam sehingga apa yang dilakukan benar sebab manfaat ilmu dalam pandangan islam akan menjauhkan dari kesesatan