Bagaimana hubungan Toxocariasis dengan manusia?

Toxocara canis dan Toxocara cati adalah cacing gelang anjing dan kucing masing-masing.

Toxocariasis adalah penyakit orang yang disebabkan oleh larva cacing ini. Gejala terkait dengan migrasi bentuk larva cacing gelang melalui organ dan jaringan. Sebagian besar infeksi manusia cukup ringan untuk tidak terdeteksi dan tampaknya tidak menghasilkan kerusakan permanen. Anak-anak paling berisiko mengembangkan kondisi ini; dengan sebagian besar kasus yang mempengaruhi anak-anak di bawah usia 6 tahun. Gejala umum termasuk sakit perut, sakit kepala, lemas, lesu, kehilangan nafsu makan, ruam kulit, nyeri sendi atau otot dan mengi. Namun, kadang-kadang infeksi menyebabkan penyakit parah dan bahkan fatal.

Bentuk serius penyakit ini, disebut sebagai migrans larva mata (OLM), mempengaruhi mata, menghasilkan uveitis pediatrik. Ini bisa menyebabkan kebutaan.

Semua kasus toxocariasis disebabkan oleh cacing pada hewan peliharaan dan mayoritas terkait dengan kontak anjing. Sebagian besar infeksi manusia terjadi pada anak-anak, biasanya sebagai akibat dari makan kotoran yang terkontaminasi dengan kotoran hewan.

Perawatan pada manusia
Perawatan yang diperlukan dapat bervariasi tergantung pada gejala. Obat spesifik dapat digunakan untuk membunuh larva dan mengurangi peradangan yang terkait dengan migrasi larva. Selain itu, perawatan ketat tersedia untuk penyakit yang mempengaruhi mata.

Pencegahan pada manusia

  • Mempertahankan praktik kebersihan yang baik.
  • Mencegah anak-anak dari memakan kotoran.
  • Tutuplah pasir dan hindari anjing dan kucing memasuki area tempat anak-anak bermain.
  • Cacing anjing dan kucing secara teratur dengan perawatan yang efektif, terutama ketika anak anjing dan anak kucing. Perlakukan bitches sebelum whelping.
  • Jauhkan anak-anak dari pelacur dan anak anjing selama masa menyusui.
  • Mencegah anak-anak mencium hewan peliharaan dan mengajari mereka untuk mencuci tangan secara menyeluruh setelah menangani anjing dan kucing.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/a-z-list/toxocariasis