Bagaimana hubungan China dan Amerika dalam hal ekonomi pasca perang dingin?

diplomasi

(hanaaa) #1

Pasca perang dingin, perekonomian negara-negara di dunia mengalami perubahan, bagaimana hubungan China dan Amerika terutama dalam bidang ekonomi?


(aditya) #2

Dalam review The Sino (China) – US Relationship dari Asia Pasific and World Politics (2007) oleh Derek McDougall mengatakan bahwa Amerika Serikat telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan Cina dengan menjadi mitra dagang utama dan sumber investasi serta teknologi.

Dalam isu ekonomi pada hubungan Sino – US ini banyak aspek politik yang mendasari hubungan keduanya. Antara Cina dan AS terdapat kekuatan politik yang menguntungkan bagi hubungan ekonomi keduanya atau menjadikannya sebagai sebuah ekspansi. Isu – isu politik penting muncul dalam konteks perluasan hubungan ekonomi Sino – US yang mengakibatkan hubungan ekonomi Sino – US mengalami penurunan. Situasi ini kemudian di manfaatkan oleh kelompok kritis Cina di AS sebagai senjata dalam mendukung kebijakan yang lebih proteksionis.

Perdebatan antara kelompok yang berbeda di AS dilihat pada awal hingga pertengahan tahun 1990 an yang mengacu pada perpanjangan status Cina sebagai Most Favored Nation (MFN) dalam perdagangan. MFN adalah istilah yang digunakan untuk menyumbangkan negara yang memiliki hubungan perdagangan normal dengan AS. Dalam kasus Cina status MFN diperoleh pada tahun 1980 dan perpanjangan status tidak diperdebatkan hingga 1989. Setelah koalisi aktivis HAM dan kritikan Cina dari berbagai latar belakang mencoba untuk memblokir pembaharuan MFN atau memaksakan kondisi. Namun kedua Presiden AS yakni George H.W Bush dan Bill Clinton memutuskan untuk tetap mempertahankan status MFN Cina. Setelah bertahun – tahun melakukan negoisasi, momentum untuk mencapai kesepakatan dikembangkan pada tahun 1998 dan 1999 yang manjadi titik awal untuk memperkuat hubungan AS dan Cina.

Hubungan ekonomi Sino – US kemudian memfokuskan pada transfer teknologi yang mengakibatkan muncul konflik batin antara AS dan Cina. AS dan Cina tetap mempertahankan hubungan ekonomi keduanya mengingat hubungan ekonomi Sino – US memiliki dampak yang besar terhadap keberlangsungan kedua negara ini.