Bagaimana hubungan antara status gizi dengan kualitas tidur pada lansia?

Bagaimana hubungan antara status gizi dengan kualitas tidur pada lansia ?

Bagaimana hubungan antara status gizi dengan kualitas tidur pada lansia ?

1 Like

Status gizi adalah gambaran dari keadaan keseimbangan gizi dalam bentuk variabel tertentu. Penurunan asupan makan pada lanjut usia disebabkan oleh masalah fisiologis seperti terjadi gangguan pencernaan dan malabsorbsi zat gizi yang dapat menyebabkan terjadinya malnutrisi. Malnutrisi merupakan keadaan defisiensi, kelebihan atau ketidakseimbangan protein, energi, dan zat gizi lain yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Malnutrsi pada lanjut usia dapat berupa obesitas, malnutrisi energi protein dan defisiensi vitamin a dan mineral. Sebanyak 54,5% subjek mempunyai status gizi obesitas. Obesitas berkaitan dengan penyakt diabetes, penyakit jantung, tekanan darah dan darah tinggiPenurunan asupan makan pada lanjut usia disebabkan oleh masalah fisiologis seperti terjadi gangguan pencernaan dan malabsorbsi zat gizi yang dapat menyebabkan terjadinya malnutrisi. Malnutrisi merupakan keadaan defisiensi, kelebihan atau ketidakseimbangan protein, energi,dan zat gizi lain yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Malnutrsi pada lanjut usia dapat berupa obesitas, malnutrisi energi protein dan defisiensi vitamin a dan mineral. Sebanyak 54,5% subjek mempunyai status gizi obesitas. Obesitas berkaitan dengan penyakt diabetes, penyakit jantung, tekanan darah dan darah tinggiPenurunan asupan makan pada lanjut usia disebabkan oleh masalah fisiologis seperti terjadi gangguan pencernaan dan malabsorbsi zat gizi yang dapat menyebabkan terjadinya malnutrisi. Malnutrisi merupakan keadaan defisiensi, kelebihan atau ketidakseimbangan protein, energi,dan zat gizi lain yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Malnutrsi pada lanjut usia dapat berupa obesitas, malnutrisi energi protein dan defisiensi vitamin a dan mineral. Sebanyak 54,5% subjek mempunyai status gizi obesitas. Obesitas berkaitan dengan penyakt diabetes, penyakit jantung, tekanan darah dan darah tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hermawan et al. (2019) pada 44 orang lansia di Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang pada bulan Mei 2019 menunjukkan bahwa status gizi tidak memberikan pengaruh pada kualitas tidur lansia. Hal ini dibuktikan melalui pengukuran langsung menggunakan timbangan digital dan alat pengukur tinggi lutut untuk status gizi, dan wawancara menggunakan form Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan World Health Organization Quality of Life (WHOQOL-BREF) untuk data kualitas tidur dan atau kualitas hidup lansia.

Referensi

Hermawan et al,. 2019. HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KUALITAS HIDUP PADA LANJUT USIA. Journal of Nutrition College. Volume 8, (4) : 274-279.