Bagaimana hubungan antara Produktivitas dengan Kinerja ?

produktivitas
kinerja_organisasi

(Amalia Laisa) #1

Apakah kinerja yang baik akan selalu menghasilkan sebuah produktivitas kerja yang tinggi ? Bagaimana hubungan antara Produktivitas dengan Kinerja ?


(Shinta Amanda) #2

Jika produktivitas adalah konsep spesifik yang berhubungan dengan rasio antara keluaran dan masukan (output & input), maka kinerja merupakan terminologi yang mencakup hampir semua tujuan dari kompetisi dan proses produksi yang baik seperti biaya, fleksibilitas, kecepatan, kehandalan, dan kualitas.

Hubungan Produktivitas dengan Kinerja
Gambar Hubungan Produktivitas dengan Kinerja. Sumber N. Slack, S. Chambers, R. Johnson

Terlihat dalam gambar di atas, berbagai objektif dari kinerja dan memberikan efek besar terhadap produktivitas dalam sebuah operasi :

  • Operasi Berkualitas Tinggi, tidak membuang-buang waktu atau melakukan tindakan yang berulang. Pelanggan juga tidak dikecewakan dengan pelayanan yang buruk.

  • Operasi yang Cepat, mengurangi tingkat inventori dalam proses antar operasi, dan juga mengurangi biaya administratif.

  • Operasi yang Handal, dapat diandalkan untuk mengirim sesuai dengan rencana. Hal ini menghilangkan gangguan yang tidak berguna dan membuat operasi kecil lainnya dapat berjalan dengan efisien.

  • Operasi yang Fleksibel, dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan keadaan tanpa mengganggu kegiatan operasi lainnya. Operasi kecil yang fleksibel juga dapat berpindah-pindah diantara kegiatan dengan cepat tanpa membuang waktu dan kapasitas.

Referensi : N. Slack, S. Chambers, R. Johnson, Operations Management, Pearson Education Limited, chapter 2, hal 38-62, 2001.