Bagaimana hubungan antara kebiasaan mendengarkan musik dengan hasil belajar?

Apa yang Anda ketahuio tentang kebiasaan mendengarkan musik dengan hasil belajar?

Banyak orang melakukan kebiasaan membaca atau belajar sambil mendengarkan musik/audio. Menurut Anda, Bagaimana hubungan kebiasaan mendengarkan musik dengan hasil belajar?

1 Like

Musik merupakan salah satu hal yang mempunyai pengaruh pada kehidupan manusia, mulai dari bayi hingga seseorang menjadi dewasa. Hal ini telah diteliti oleh para ilmuwan. Penelitian membuktikan bahwa musik, terutama musik klasik sangat memengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien). Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan
intelegensinya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada “miring”. Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik.

Paparan musik juga dikaitkan dengan perubahan emosi pendengarnya. Musik merupakan stimulus universal yang sangat berpotensi menginduksi suasana hati. Dari sisi pandang ilmu syaraf kognitif (cognitive neuroscience), emosi memiliki komponen-komponen. Dalam hal ini terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara mengalami emosi secara sadar (merasakan), mengekspresikannya dan mengenalinya sebagai pengetahuan. Respon emosional bisa terjadi tanpa harus didahului proses mengalami emosi secara sadar. Artinya, respon bisa muncul tanpa perlu didahului adanya rasa. Mendengarkan musik merupakan salah satu kejadian dimana respon emosional bisa muncul tanpa perlu didahului adanya perasaan emosi. Area-area otak yang terlibat dalam pembentukan komponen-komponen respon emosional adalah hipotalamus dan nuklei batang otak terlibat dalam kontrol otonom eferen, amigdala dan korteks prefrontal ventromedial terlibat dalam kontrol otonom tingkat tinggi, sementara insula dan korteks yang terkait dengan somato sensor kanan berperan pada pengalaman sadar emosional (Tsuchiya N, Adolphs R).

70% (Prajnamita, 2010). Pengaruh musik terhadap kecerdasan otak seseorang yaitu membuat nouron baru akna menjadi sirkuit jika terdapat rangsang musik, sehingga neuron yang terpisah- pisah itu bertautan dan mengintegrasikan diri dalam sirkuit otak, sehingga terjadi perpautan antara neuron otak kanan dan kiri itu. Manfaat musik bagi kecerdasan otak yaitu musik dapat memberikan rangsangan-rangsangan yang kaya untuk segala aspek perkembangan secara kognitif dan kecerdasan emosional. Bahaya atau efek samping dari terapi musik ini yaitu jika seseorang terlalu sering mendengarkan musik dengan volume yang keras maka dapat menggangku sistem kerja syaraf pendengaran. Jenis aliran musik yang cocok untuk terapi kecerdasan otak yaitu musik yang memiliki irama yang tertur dan nada-nada yang teratur, akan lebih baik memilih lagu yang lembut. Tingkat keefektifan penggunaan terapi musik terhadap kecerdasan otak seseorang yaitu sebesar

Hasil penelitian pada anak sekolah dasar di studio musik Purwacaraka Surakarta menunjukkan bahwa bermain musik klasik dapat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Bermain musik klasik dapat membuat siswa lebih cerdas dimana hasil penelitian
menunjukkan kenaikan dari nilai uji T secara statistik dari nilai 83,87 menjadi 85,74. Hal ini disebabkan karena musik klasik mengandung komposisi nada yang memberikan ketenangan, kenyamanan dan ketentraman dalam konsentrasi belajar (Wieminaty AF, 2012).

Berdasarkan hasil penelitian tentang minat pada lagu bahasa Inggris terhadap kemahiran mendengarkan siswa di SMA Kristen Irene Manado, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat pada lagu bahasa Inggris dengan kemahiran mendengarkan. Semakin tinggi minat pada lagu bahasa Inggris, semakin tinggi kemahiran mendengarkan. Besar pengaruh minat pada lagu bahasa Inggris terhadap kemahiran mendengarkan adalah 71,1% dengan tingkat kepercayaan 99% (Angmalisang HY, 2013).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media musik instrumental terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Ketintang I/409 Surabaya. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran menggunakan media musik instrumental sangat baik untuk mendukung kegiatan pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka sebaiknya guru menggunakan media musik instrumental dalam pembelajaran menulis
puisi. Hal tersebut sudah terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa karena dengan media musik instrumental akan membantu siswa menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk puisi (Putri EN, Sukartiningsih W, 2014).

Referensi

Roffiq, Ainoer et al… 2017. Media Musik dan Lagu pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.2 (2) : 35-40.