Bagaimana hubungan antara investasi Teknologi Informasi dengan peningkatan sumberdaya perusahaan?

Investasi adalah mengeluarkan sejumlah sumber daya perusahaan pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan bagi perusahaan.

Bagaimana hubungan antara investasi Teknologi Informasi dengan peningkatan sumberdaya perusahaan ?

Investasi TI adalah Investasi organisasi yang mempekerjakan atau memproduksi aset TI. Setiap investasi memiliki atau akan dikenakan biaya untuk investasi, mengharapkan atau menyadari manfaat yang timbul dari investasi, memiliki jadwal kegiatan proyek dan tenggat waktu, dan memiliki atau akan menanggung risiko yang terkait dengan investasi tersebut.

Tahapan atau Proses

Tahap proses pengendalian investasi meliputi :

  1. Tahap 1 --> disebut dengan tahap seleksi dimana langkah langkah yang dilakukan, ialah :

    • Mempertimbangkan dan memutuskan proposal
    • Menganalisis resiko, manfaat, dan biaya proyek
    • Memprioritaskan proyek berdasarkan resiko dan feedbacknya
    • Memperbaiki strategi dan pemeliharaan operasi
  2. Tahap 2 --> disebut dengan tahap pengendalian dimana langkah langkah yang dilakukan, ialah :

    • Memantau proyek dan system
    • Mengambil tindakan untuk memperbaiki kekurangan
  3. Tahap 3 --> disebut dengan tahap evaluasi dimana langkah langkah yang dilakukan, ialah :

    • Melakukan review
    • Melakukan penyesuaian
    • Mempelajari

Resiko Dalam Investasi IT

Ada manfaat untuk proyek TI baru, namun risikonya lebih tinggi daripada kebanyakan investasi. Seiring pertumbuhan perusahaan dan keuangan mereka membaik, tim manajemen cerdas sering kali melihat investasi dalam teknologi yang memperbaiki operasi, produktivitas pekerja, dan pengetahuan pasar.

Penerapan perangkat lunak pada perusahaan baru atau yang sedang berkembang, infrastruktur cloud, atau alat pelaporan data yang besar adalah beberapa proyek mutakhir yang sangat penting akhir-akhir ini.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang harus dihindari untuk meningkatkan peluang serta mendapatkan keuntungan dari investasi TI, yaitu:

  • Keuangan buruk dan kasus bisnis
    Orang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membangun sebuah kasus bisnis yang terperinci. Dan keuangan terkait yang terlihat bagus namun, memiliki asumsi yang sangat buruk. Pastikan asumsi itu jelas, dan Anda mengerti apa yang mereka gunakan misalnya, biaya, ketersediaan sumber daya, kecepatan dalam penerapan, dan tingkat usaha. (David McLaughlin, President & CEO, Columbia Advisory Group)

  • Proses seleksi yang tidak lengkap
    Mengambil jalan pintas selama proses pemilihan produk menjadi lonceng kematian bagi banyak investasi teknologi. Hal-hal sederhana bisa menjadi penyelamat, seperti memastikan persyaratan pengguna utama akan terpenuhi, memeriksa referensi, dan menyelidiki infrastruktur apa yang dibutuhkan.

    Sangat sering perusahaan akan melakukan investasi TI dan beberapa bulan kemudian ia menyadari. bahwa telah melewatkan persyaratan utama yang perlu ditambah dengan perangkat lunak lain, yang dapat meniadakan manfaat bagi investasi tersebut. (David McLaughlin, President & CEO, Columbia Advisory Group)

  • Meremehkan dampak perubahan pada pengguna
    Perlu banyak waktu dan usaha bagi kelompok pengguna yang telah beroperasi pada sistem yang sama, untuk waktu yang lama agar lebih produktif pada sistem baru. Hal ini bisa menyalahi kinerja perusahaan saat mereka melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini sering terjadi di divisi perusahaan besar yang dijual atau didivestasi ke pemilik atau investor lain.

    Perusahaan baru tidak punya banyak waktu untuk memutuskan sistem dan platform apa yang akan digunakannya untuk maju. Mungkin terlihat menarik secara finansial untuk beralih dari sistem perusahaan besar ke sesuatu yang lebih kecil dan lebih murah, namun berkali-kali para pengguna dapat melakukan pekerjaan mereka dengan sistem yang ada dengan efisien. (David McLaughlin, President & CEO, Columbia Advisory Group)

  • Tidak ada pemahaman yang jelas tentang integrasi teknologi
    Sebagian besar teknologi saat ini bisa berintegrasi dengan berbagai platform. Tetapi jika Anda melakukan investasi besar di satu area, hal itu dapat menyebabkan dampak signifikan dan biaya untuk mengubah teknologi yang berinteraksi atau bertukar data dengan sistem yang baru. Seperti halnya menerapkan perangkat lunak baru yang penting dan ternyata tidak mendukung sistem operasi atau versi browser web yang kebanyakan karyawan gunakan. Sangat penting bagi Anda untuk memahami bagaimana teknologi yang Anda investasikan saling terkait dengan teknologi yang Anda miliki. (David McLaughlin, President & CEO, Columbia Advisory Group)

  • Kegagalan logistik
    Biaya pemeliharaan jangka panjang, ketersediaan tenaga kerja, dan frekuensi upgrade semuanya dapat mempengaruhi keseluruhan biaya investasi. Apa yang mungkin tampak sederhana pada awalnya mungkin sangat mahal tiga tahun dari sekarang. Misalnya perangkat lunak open source, mungkin cenderung memiliki biaya awal yang rendah, namun tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mendukung sistem dalam jangka panjang bisa sulit ditemukan atau mahal di masa depan. (David McLaughlin, President & CEO, Columbia Advisory Group)

Praktik Terbaik dalam Berinvestasi Teknologi

  1. Menyelaraskan teknologi yang digunakan dengan misi dan visi organisasi
  2. Berinvestasi yang dapat memberikan output pada organisasi
  3. Fokus pada kerjasama jangka panjang.

SUMBER

https://www.hhs.gov/ocio/about/terms/index.html

https://clintonwhitehouse2.archives.gov/omb/inforeg/infotech.html

https://www.exponentpartners.com/funder-investment-in-technology/

Pengertian Peningkatan Sumberdaya

Leverage atau peningkatan dalam istilah bisnis strategis berarti meningkatkan sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Kemampuan strategis adalah kompetensi utama perusahaan yang memungkinkannya melakukan perusahaan lain di industri atau memberikan nilai lebih tinggi kepada pelanggan dan meraih keuntungan luar biasa.

Sumber daya internal seperti modal teknologi , manusia dan¬ jaringan bisnis perusahaan, merupakan sumber pengetahuan yang penting untuk pengembangan produk baru. Pada suatu studi mengatakan bahwa, sebagian besar mengasumsikan bahwa sumber internal perusahaan dan sumber daya eksternal yang tertanam dalam jaringan bisnis saling melengkapi dalam pengembangan produk baru. Penelitian ini mengacu pada perspektif kemampuan dinamis untuk mengambil literatur yang ada satu langkah lebih jauh. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa, kekuatan perusahaan dalam jaringan bisnisnya mempengaruhi pengaruh sumber daya internalnya dan menunjukkan bahwa kemampuan dinamis semacam itu, memainkan peran penting dalam menerjemahkan manfaat interaksi sumber daya ke dalam kesuksesan produk baru.

Pemanfaatan Sumberdaya

Bagaimana cara memanfaatkan sumberdaya atau leveraging resources?

  1. Koordinasi --> koordinasi merupakan sebuah hubungan informal yang biasa mendefinisikan misi, struktur atau usaha perencanaan. Informasi dibagi sesuai dengan kebutuhan dan wewenang setiap organisasi.

  2. Kolaborasi --> mengikutsertakan organisasi lain ke dalam struktur baru dengan komitmen terhadap misi bersama, perencanaan yang komprehensif dan komunikasi yang terdefinisi dengan baik. Resikonya lebih besar karena masing-masing anggotanya menyumbangkan sumber dayanya sendiri dan reputasi organisasi tertentu.

  3. Komunikasi --> Komunikasi merupakan :

    • Menentukan siapa yang perlu tau

    • Memanfaatkan teknik yang mendorong orang untuk bekerja sama

    • Berbagi informasi untuk mendapatkan masukan dan umpan balik

    • Memadukan ide untuk mendapatkan hasil yang lebih baik

Pendapat dari beberapa ahli

Memiliki sumber daya internal untuk menerapkan teknologi sangatlah menguntungkan. Para penyandang dana memiliki kesempatan untuk memiliki efek positif yang luar biasa pada misi suatu organisasi, dengan dana teknologi yang meningkat dan cerdas. Dengan memimpin tuntutan dengan organisasi, dan dengan system mereka sendiri, organisasi dapat membuat sector yang lebih efektif, efisien dan berdampak yang besar. (Steve Andersen Foundation Practice Director)

“Tenaga kerja Anda adalah aset Anda yang paling berharga. Pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki mewakili bahan bakar yang mendorong mesin bisnis, dan Anda dapat memanfaatkan pengetahuan itu.” -Harvey Mackay

“Jauh lebih mudah menempatkan sumber daya yang ada agar lebih baik daripada mengembangkan sumber daya yang tidak ada.” -George Soros

SUMBER

https://www.researchgate.net/post/What_does_leveraging_mean_in_business_strategy

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0019850116301092

https://ideadata.org/files/resources/55bbae79140ba08b138b45cb/55bbb01b140ba074738b456a/allslides-leveraginginternalresources/2015/07/31/allslides-leveraginginternalresources.pdf

http://greatthoughtstreasury.com/author/harvey-mackay