Bagaimana GO-JEK bisa dikenal banyak kalangan padahal sudah terdapat tukang ojek pangkalan ?

GO-JEK merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya sebagai alat transportasi. GO-JEK merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2010. Ketika saat itu masih terdapat banyak ojek ojek yang berada di pangkalan untuk menunggu penumpangnya. Lalu, bagaimana GO-JEK bisa dikenal banyak kalangan padahal tahun tersebut masih banyak terdapat ojek pangkalan dan masih banyak orang yang lebih memilih ojek pangkalan terutama yang sudah berlangganan dibandingkan ojek online ?

GO-JEK mengandalkan media sosial sebagai promosi untuk mengenalkan GO-JEK kepada masyarakat Indonesia. Cara tersebut terbukti ampuh dalam meningkatkan popularitas GO-JEK dan meningkatkan pendapatan. Saat ini media sosial yang menjadi bagi GO-JEK yaitu Facebook dan Twitter. Melalui sosial media, banyak pelanggan yang menceritakan pengalaman mereka dalam menggunakan GO-JEK ke media sosial. Kesan para pelanggan itulah yang dipercaya Nadiem dapat memperkenalkan GO-JEK kepada masyarakat luas dan efektif mempopulerkan merek mereka.

Go-Jek sendiri merupakan layanan pemesanan angkutan roda dua yang hadir pada 2011 dengan cakupan area layanan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Awalnya, pemesanan layanan ini hanya memanfaatkan SMS dan telepon, tapi kemudian GO-JEK membuat aplikasi untuk Android dan iOS untuk melakukan pemesanan.Selain pemesanan ojek, GO-JEK juga menyediakan layanan kurir instan serta jasa pembelian sebuah produk yang selanjutnya akan diantarkan kepada pemesan (shopping delivery). Lalu setelah itu semakin permintaan pelanggan yang berbeda beda GO-JEK menambahkan fitur-fitur terbaru seperti pijat, bersih-bersih rumah, obat-obatan, dll.

Sumber :
(https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150120165729-185-26013/go-jek-dikenal-berkat-media-sosial)

Kemacetan yang terjadi membuat masyarakat memilih angkutan transportasi bebas hambatan seperti motor. Oleh karena itu, muncul angkutan seperti ojek motor untuk memenuhi kebutuhan warga terutama yang ingin menghindari kemacetan.

GO-JEK yaitu transportasi berupa sepeda motor yang dapat dipesan melalui aplikasi mobile yang sudah ada sejak 2011. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, calon penumpang dengan mudah memesan GO-JEK di manapun dan kapan pun.

Salah satu yang membuat GO-JEK bisa dikenal masyarakat karena strategi bisnis GO-JEK yang sangat bagus, GO-JEK menggunakan atribut seperti helm dan jaket untuk memperkenalkan bisnisnya ke banyak orang, artinya GO-JEK telah mempromosikan dengan beriklan melalui atributnya. Selain itu, aplikasi mobile yang dimiliki oleh GO-JEK membuat komunikasinya dengan konsumen bagus. Dari sisi harga GO-JEK bersifat fixed price sehingga tidak membuat ribet. Dan juga GO-JEK bisa cepat dikenal selain karena masyarakat diuntungkan dengan kemudahan angkutan ini, pemiliknya yaitu Nadiem Makarim juga dikenal orang banyak.

Sumber:
https://economy.okezone.com/read/2015/06/18/320/1167321/tanpa-iklan-go-jek-terkenal-karena-kreatif

Gojek adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2010, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan ini bertumpu pada 3 nilai pokok, kecepatan, inovasi, dan dampak sosial. Banyak hal lebih yang diberikan perusahaan pada pengguna aplikasi ini, dari sisi driver, mereka akan mendapatkan akses ke lebih banyak pelanggan, mendapat asuransi, akses ke lembaga cicilan, dll. Sedangkan untuk pengguna biasa akan mendapatkan potongan harga, akses yang lebih mudah dan cepat,keamanan yang terjamin,dll. Beberapa hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang lebih memilih Gojek dibandingkan dengan ojek

Selain itu Gojek juga sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, sampai Pematang Siantar. Gojek juga selalu menekankan bahwa mereka mempunyai misi sosial, yaitu ingin meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menciptakan efisiensi pasar. Hal ini akan diwujudkan oleh perusahaan melalui jalur teknologi, agar bisa menciptakan kehidupan yang baik, bagi driver maupun pengguna biasa.
Sumber :
https://www.go-jek.com/

Sebenarnya ide Nadiem dalam mendirikan Go-jek sangat sederhana, yaitu dengan memberikan solusi kepada para pengguna ojek agar lebih mudah dalam menggunakan jasa ojek. Yang dulunya para penumpang ojek konvensional khawatir dengan hal-hal seperti tidak aman, harga yang tidak transparan, dan jarak yang jauh untuk menuju ke pangkalan ojek, maka dengan adanya Go-jek semua keluhan itu bisa diatasi.

Go-jek bisa menjamin keamanan penumpang, karena setiap driver dan konsumen Go-jek harus melakukan registrasi terlebih dahulu, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat dilacak dengan mudah. Selain itu Go-jek juga memberikan harga yang transparan dengan meggunakan argometer.

Cara kerja Go-Jek menggunakan jasa internet untuk memasarkan pelayanan mereka, termasuk untuk pemesanan jasanya memberikan pilihan pelayanan yang diinginkan. Mereka memaksimalkan usaha mereka melalui iklan di beragam media sosial di Indonesia seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Mereka juga bekerja sama dengan situs-situs belanja online dan restoran untuk mengantarkan barang belanjaan atau makanan kepada konsumen melalui aplikasi Go-Send dan Go-Food. Cara kerja Go-jek inilah yang dianggap sangat efektif karena disadari bahwa masyarakat modern yang serba sibuk saat ini menginginkan segala sesuatu yang serba mudah dan cepat. Maka dari itu untuk era sekarang ini jasa layanan gojek lah yang lebih cocok dan dibutuhkan daripada ojek konvensional.

Gojek merupakan suatu layanan atau jasa yang bergerak di bidang transportasi melalui sebuah aplikasi (online). Pada mulanya alasan Nadim dalam membuat Gojek yaitu sebagian besar waktu tukang ojek konvensional banyak dihabiskan untuk mangkal dan menunggu penumpang. Saat dipangkalan ojek, biasanya tukang ojek konvensional bergiliran dengan tukang ojek lainnya. Sudah giliran, kadang penumpangnya yang sepi. Sementara itu, dari segi penumpang, keamanan dan kenyamanan ojek konvensional masih belum terjamin 100%.

Dari hasil riset itulah, Nadim mendapatkan ide untuk membuat inovasi bagaimana orang dapat dengan mudah memesan ojek melalui ponsel dimana pun tanpa harus repot datang ke pangkalan ojek, jadi orang yang jauh dengan pangkalan ojek pun dapat menikmatinya. Tukang ojek sendiri tidak harus mangkal dan menunggu penumpang yang tak pasti.

Selain itu keamanan dan kenyamanan penumpang juga terjamin karena seluruh pergerakan kendaraan yang ditumpanginya termonitor oleh kantor pusat sehingga menimbulkan rasa aman pada penumpang. Pelayanan yang diberikan seperti menyediakan helm bagi pengendara dan penumpang, balasan chat atau telepon yang sopan, senyum kepada penumpang dan memberikan berbagai promo maupun diskon pada waktu tertentu sehingga membuat penumpang nyaman dan selalu ingin menggunakan jasa ojek melalui aplikasi Gojek kembali.

Referensi :