Bagaimana gigi susu dapat memengaruhi pertumbuhan gigi permanen?

https://services.halallifestyle.id/fileload/1b5e143400000578-2965835-image-m-80-1424733863846jpg-iJGk.jpg

Gigi susu memang hanya sementara. Gigi ini adalah yang pertama muncul saat Anda bayi, dan kemudian akan tanggal dan diganti dengan gigi permanen. Namun, bukan berarti gigi susu tidak harus dijaga kesehatannya. Mungkin banyak orangtua menyepelekan gigi susu pada anaknya, tapi ini salah. Mengapa? Karena sebenarnya gigi susu dapat memengaruhi pertumbuhan gigi permanen anak. Bagaimana bisa?

Gigi susu ternyata sangat penting bahkan dapat menentukan pertumbuhan gigi permanen anak. Gigi susu sebenarnya sudah ada dalam gusi bayi semenjak bayi lahir dan biasanya mulai muncul saat bayi berusia 6 bulan. Pada sekitar usia 3 tahun, umumnya anak sudah memiliki gigi susu yang lengkap, berjumlah 20 gigi. Terdiri dari empat gigi seri, dua gigi taring, dan empat gigi geraham di setiap rahang atas dan rahang bawah.
Pertumbuhan gigi permanen berkaitan dengan gigi susu. Saat gigi permanen sudah sepenuhnya berkembang, maka gigi permanen akan mulai muncul. Sehingga mendorong gigi susu untuk tanggal. Gigi permanen sebenarnya sudah berkembang dalam gusi dan hanya menunggu kapan waktu yang tepat untuk muncul dan mengganti gigi susu.
Gigi susu sangat menentukan ruang yang tersedia untuk gigi permanen tumbuh. Gigi susu yang tidak dirawat dapat membuat gigi permanen sulit untuk tumbuh dan bisa berantakan. Gigi susu yang tanggal lebih awal dapat membuat gigi permanen lebih bebas untuk tumbuh, sehingga dapat mengambil ruang gigi lain untuk tumbuh. Hal ini membuat gigi di sampingnya akan lebih sulit untuk menemukan ruang untuk tumbuh. Alhasil, gigi anak Anda mungkin akan berantakan dan tumbuh tumpang tindih.
Gigi susu yang berlubang atau rusak harus mendapat perhatian lebih. Saat gigi susu berlubang atau rusak, gigi susu tidak dapat membimbing gigi permanen untuk tumbuh di tempat yang tepat. Hasilnya, gigi permanen bisa tumbuh bertumpuk dan tidak rata. Gigi yang bertumpuk atau tidak rata ini kemudian akan lebih sulit untuk dibersihkan. Gigi susu yang berlubang juga dapat berpotensi menyebarkan infeksi ke seluruh tubuh.
Oleh karena itu, perawatan gigi mulai dari gigi susu sangat dibutuhkan. Dampaknya tidak hanya untuk sekarang, tapi untuk tahun-tahun selanjutnya. Rutinlah untuk membersihkan gigi sejak kecil, saat gigi susu sudah mulai tumbuh.