Bagaimana gerakan dalam Tari Legong Bali?

image

Dewasa kini, kita tahu bahwasanya sudah banyak tari yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Tari Legong Bali yang berasal dari Bali. Lalu, gerakan apa saja yang ada pada Tari Legong Bali tersebut?

Ada beberapa elemen gerakan yang terdapat dalam tari legong. Ke semua elemen tersebut sebetulnya bermuara pada dasar yang sama seperti tari Bali lainnya, yaitu gerak tari gambuh. Dasar-dasar gerak tari yang termuat dalam lontar Panititaling Pagambuhan tersebut antara lain terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Agem, Tandang, dan Tangkep.

  1. Agem adalah gerakan dasar yang tergantung dari bagaimana peran si penari dalam tarian tersebut. Dalam hal ini ada banyak sekali jenisnya.

  2. Tandang adalah cara berjalan dan bergeraknya si penari. Tandang terdiri dari ngelikas, nyeleog, nyelendo, nyeregseg, kemudian tandang nayog, tandang niltil, nayung dan agem nyamir.

  3. Tangkep adalah gabungan dasar-dasar ekspresi dan gerak pendukungnya. Tangkep meliputi gerak mata, leher, jemari, dan gerakan saat menggunakan kipas. Gerakan mata, yaitu dedeling dan manis carengu. Gerakan leher, yaitu gulu wangsul, ngurat daun, ngilen, ngeliyet, dan ngotak bahu. Gerakan jemari, yaitu nyelering, girah, dan nredeh. Gerakan saat menggunakan kipas, yaitu nyingkel, nyekel, dan ngaliput.