Bagaimana Gejala Vitiligo?

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan.
Bagaimana Gejala Vitiligo?
image

Vitiligo adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat pigmentasi (warna) hilang pada kulit. Warna hilang pada area-area tertentu, seringnya pada punggung tangan, wajah, dan ketiak. Penyakit ini tidak mematikan dan tidak dapat disembuhkan, namun beberapa warna kulit pada wajah dan leher dapat kembali. Kadang-kadang penyakit ini berhubungan dengan penyakit lain, seperti tiroid.

Perubahan ini tidak dapat dirasakan dengan jari. Vitiligo tidak nyeri ataupun gatal. Ukuran vitiligo bervariasi dan dapat mencapat 1 inchi. Area yang kehilangan pigmen akan menyebar ke area yang lebih luas dengan bentuk tidak teratur. Vitiligo sering terjadi pada kedua sisi tubuh di sekitar tempat yang sama. Kadang-kadang rambut di area tersebut juga akan kehilangan pigmen.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Anda harus menghubungi dokter bila kulit, rambut atau mata Anda berubah warna. Vitiligo tidak dapat disembuhkan, namun terapi dapat mencegah atau memperlambat proses perubahan dan mengembalikan warna.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber : hellosehat.com