Bagaimana Gejala Tuberous Sclerosis?

Tuberous sclerosis atau sering juga disebut tuberous sclerosis complex (TSC) adalah penyakit genetik langka yang bisa menyebabkan tumbuhnya tumor jinak di banyak bagian tubuh.
Bagaimana Gejala Tuberous Sclerosis?
image

Tuberous sclerosis muncul pada saat kelahiran, tapi tanda dan gejala tidak segera muncul. Diagnosis kemudian diberikan pada usia 10 tahun. Sebagian besar orangtua dan anak mereka hanya memiliki tumor di satu anggota tubuh, misalnya kulit.

Gejala bisa berbeda pada setiap individu, mulai dari ringan sampai berat. Gejala yang parah dapat meliputi kesulitan belajar dan kecerdasan yang rendah, tapi banyak orang masih bisa memiliki IQ normal atau di atas rata-rata. Sebagai tambahan, gejala umum adalah bintik putih di permukaan kulit (biasanya di kaki), dan tonjolan merah di atas kulit.

Gejala lain adalah kulit kasar di punggung bagian bawah dan polip di sekitar kuku, khususnya kuku kaki. Email gigi bisa sobek, dan kejang-kejang bisa muncul. Perkembangan saraf atau fisik bisa terhambat. Ini tergantung pada lokasi tumor di dalam otak Anda atau anak Anda.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Gejala tuberous sclerosis bisa terdeteksi saat kelahiran. Atau bisa saja tanda pertama penyakit menjadi lebih jelas pada masa kanak-kanak atau bahkan saat dewasa. Hubungi dokter jika Anda cemas dengan perkembangan anak Anda atau menyadari adanya tanda atau gejala di atas.

Sumber : hellosehat.com