Bagaimana Gejala Trigeminal Neuralgia?

Trigeminal neuralgia mengakibatkan penderita menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan kecil sehingga merasakan sakit yang berlebihan. Beberapa pemicunya adalah menyentuh wajah, berbicara, tersenyum, berdandan atau mengenakan riasan wajah, bercukur, makan, minum, menyikat gigi, mencuci muka, bahkan terkena hembusan angin sekalipun. Bagaimana Gejala Trigeminal Neuralgia?

image

Gejala yang paling umum terjadi yaitu rasa sangat sakit seperti ditusuk atau disengat oleh listrik pada bagian wajah yang dipengaruhi oleh saraf dan cabang-cabangnya. Nyeri hebat yang terasa dalam waktu singkat cenderung datang dan pergi pada area rahang, bibir, mata, hidung, kulit kepala, dahi, dan pada wajah. Rasa sakit dapat timbul tanpa adanya gejala awal, atau dapat terjadi ketika Anda bicara, mengunyah, berdandan, mencuci muka, atau menggosok gigi. Terkadang, bahkan ketika Anda menyentuh bagian tertentu saja dapat menimbulkan rasa sakit.

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Jika Anda mengalami sakit yang berkepanjangan pada wajah, rasa sakit yang hilang-timbul dan tidak kunjung reda, hubungilah dokter Anda segera.

Sumber : hellosehat.com