Bagaimana gejala, penyebaran, deskripsi, dan penyebab Salmonella?

Salmonella adalah penyebab utama penyakit yang ditularkan melalui makanan di dunia. Salmonellosis adalah infeksi pada usus yang dapat mempengaruhi semua spesies hewan dan manusia. Penyakit pada orang yang disebabkan oleh bakteri salmonella kadang-kadang disebut ‘keracunan makanan’.

Penyebab
Ada sejumlah besar bakteri salmonella yang dapat menyebabkan penyakit.

Gejala
Tanda-tanda klinis termasuk septikemia, enteritis, diare (sering bernoda darah) dan aborsi. Penyakit akut dapat menyebabkan tingkat kematian yang tinggi, terutama di antara hewan muda. Hewan yang pulih dapat menjadi pembawa dan mengeluarkan bakteri dalam faeces mereka. Hewan-hewan ini adalah penyebab serius penyebaran penyakit ke hewan lain.

Penyebaran
Makanan yang terkontaminasi dari hewan (misalnya susu, telur, daging dan unggas) adalah sumber utama infeksi pada manusia.

Orang biasanya menjadi terinfeksi dengan memakan makanan yang terkontaminasi yang belum dimasak secara menyeluruh. Infeksi dapat menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain jika kebersihan yang ketat tidak diamati. Tanda-tanda penyakit umumnya berkembang 12-72 jam setelah konsumsi bahan yang terkontaminasi. Gejala termasuk demam, sakit kepala, diare dan kadang-kadang muntah. Bayi dan orang tua berisiko lebih besar karena diare dan muntah dapat menyebabkan dehidrasi berat.

Deskripsi
Beberapa strain salmonella pada hewan harus dilaporkan. Strain khusus adalah:

  • S. abortus equi - hal yang dilarang
  • S. abortus ovis - hal yang dilarang
  • S. dublin
  • S. enteritidis. - kategori 1 hal terbatas

Ref: https://www.business.qld.gov.au/industries/farms-fishing-forestry/agriculture/livestock/animal-welfare/pests-diseases-disorders/salmonella