Bagaimana gejala pada penyakit Mielitis Transversa?

Mielitis transversa adalah peradangan pada satu segmen atau satu tingkatan saraf tulang belakang, di mana kerusakan mengenai kedua sisinya dan umumnya terjadi pada selubung mielin. Bagaimana gejala pada penyakit Mielitis Transversa?
image

Gejala Mielitis Transversa
Gejala pada mielitis transversa tidak timbul secara mendadak. Gejala biasanya baru muncul beberapa jam hingga beberapa hari sejak terjadinya peradangan. Bahkan kadang gejala baru muncul setelah beberapa minggu.
Kelainan terjadi pada bagian tubuh yang letaknya di bawah segmen saraf tulang belakang yang meradang. Umumnya timbul pada kedua sisi tubuh, namun kadang kelainan bisa hanya tampak pada salah satu sisi tubuh. Gejala mielitis transversa antara lain adalah:

  1. Gangguan pada usus dan kandung kemih, seperti konstipasi atau sulit berkemih. Dan mungkin juga sebaliknya, menjadi sering berkemih atau tidak mampu menahan kemih (inkontinensia urin).
  2. Nyeri mendadak pada punggung bawah. Nyeri tersebut bisa menjalar ke dada, perut, lengan atau tungkai, tergantung bagian saraf tulang belakang yang terkena.
  3. Adanya sensasi sensorik yang tidak normal, misalnya merasa terbakar, dingin, kesemutan, mati rasa, dan sangat sensitif terhadap sentuhan ringan dari pakaian.
  4. Ada juga gangguan motorik, misalnya lemas pada lengan atau tungkai, dan kelumpuhan.
  5. Demam, serta penurunan nafsu makan.