Bagaimana gejala pada ikan yang mengalami Tilipia Lake Virus ?

Ikan Nila

Ikan yang hidup di air tawar juga kerap terkena penyakit. Tilipia Lake Virus adalah salah satu penyakit yang menyerang ikan nila. Bagaimana gejala pada ikan yang mengalami Tilipia Lake Virus ?

Penyakit ini tergolong baru dan baru saja mewabah pada kegiatan budidaya nila di Thailand. Selain Thailand, nila di Mesir, Israel, Ekuador, dan Kolombia juga terinfeksi penyakit yang menyebabkan kematian nila sampai 100%. Oleh karena itu, kini BKIPM (Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu) KKP menghimbau untuk tidak mengimpor ikan nila dari daerah-daerah tersebut.

penyakit Tilipia Lake Virus

Gejala penyakit TLV ini antara lain warna kulit kegelapan, erosi pada kulit, pembengkakan rongga perut, katarak pada mata dan eksoftalmia (mata bengkak). TLV diketahui hanya menyerang nila dan tidak pada ikan lain. Sampai saat ini, upaya penanganan masih dicari. Para peneliti melihat adanya kemungkinan pembuatan vaksin yang diambil dari lapisan protein virus tersebut sehingga nila bisa resisten. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah menerapkan biosekuriti dan kehati-hatian dalam memilih benih.

Referensi: http://efishery.com/efishery-university/siar/mengatasi-penyakit-ikan-dan-udang/