Bagaimana gejala klinis yang dialami babi yang terjangkit Transmissible Gastroentritis?

Transmissible gastroenteritis (TGE) ialah penyakit menular yang menyerang babi semua umur akan tetapi terutama menyebabkan banyak kematian pada anak babi hingga umur sekitar 14 hari.

Bagaimana gejala klinis yang dialami babi yang terjangkit TGE?

Waktu inkubasi TGE pendek, umumnya 2 - 4 hari, akan te tapi biasanya kurang dari 24 jam. Infeksi menyebar secara cepat dan dalam beberapa hari semua babi pada perusahaan ditulari. Pada babi-babi yang tua gambar klinis bervariasi. Beberapa babi tidak memperlihatkan gejala-gejala walaupun hewan menyebarkan virus. Pada umumnya pertama-tama terlihat berkurangnya nafsu makan tetapi secara cepat kemudian babi menderita diare yang menyolok: sekali-kali babi muntah.

Pada umumnya hewan tidak menderita demam, induk babi berhenti memproduksi air susu. Babi-babi yang sakit secara cepat menjadi kurus. Babi-babi tua sembuh dalam kira-kira seminggu dan angka kematian pada hewan tua ini biasanya terbatas hingga kira-kira 5%. Pada anak babi diare merupakan gejala yang terpenting. Disamping itu anak babi demikian sering muntah dan haus luar biasa. Tinja biasanya berwarna pucat dan mengandung bagian-bagian air susu yang padat tanpa tercerna. Sebab kematian anak-anak babi ialah dehidrasi secara cepat: anak babi mati dalam keadaan koma sesudah sakit 5 - 6 hari.

Referensi: Ressang, AA. 1986. Penyakit Viral Pada Hewan. Jakarta: UI-Press.