Bagaimana gejala klinis penyakit parasit Sistiserkosis dan Taeniasis?

image

Penyakit ini berhubungan dengan larva cacing Taenia solium dan Taenia saginata. Penyebab penting pada manusia adalah Taenia sagiata dan T. solium.

1 Like

image

Penyakit ini berhubungan dengan larva cacing Taenia solium dan Taenia saginata. Penyebab penting pada manusia adalah Taenia sagiata dan T. solium. Pada sapi adalah Cysticercus bovis dan pada babi dan manusia dalah Cysticercus cellulosa. Reservoir penting adalah babi sebagai induk semang cacing tersebut. Masa inkubasi pada manusia terserang sistiserkosis adalah 10-12 hari, taenisiasi 8-14 hari.

Gejala:
Pada hewan biasanya subklinis tetapi gejala sakit pada otot dapat timbul bila terinfeksi cacing yang berat. Dapat juga muncul gejala neurologis.
Pada manusia, cacing pita dapat menyebabkan gejala perut yang tidak spesifik meliputi anoreksia, penurunan berat badan. Infeksi larva menimbulkan gejala yang diakibatkan oleh migrasi larva ke seluruh jaringan seperti demam, sakit otot, kehilangan pandangan, epilepsi dan gejal neurologi lain. Infeksi kista dan cacing pita biasanya ringan, tetapiinfeksi C. cellulosa pada manusia dapat menyebabkan lesi otak serius dan bahkan fatal.