Bagaimana gejala klinis Penyakit Papilomatosis?

Papilloma adalah sekelompok sel-sel abnormal bersifat jinak atau tidak berbahaya yang disebabkan oleh virus papilloma, sekelompok virus DNA yang menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit yang membentuk menyerupai kembang kol dan infeksi luka pada mulut anjing.

Gejala klinis Papilomatosis pada beberapa hewan:
Sapi
Dalam praktek masa inkubasi berlangsung 3-4 bulan. Sapi yang diserang biasanya berumur kurang dari 2 tahun. Kutil-kutil dapat ditemukan pada kulit di mana saja tetapi yang paling sering di sekitar mata, pada leher dan jarang pada tungkai. Kutil itu mulai sebagai benjolan-benjolan kecil yang tumbuh lambat tetapi kemudian secara cepat berkembang menjadi bentuk berupa kol yang kering, berwarna kelabu dan terdiri dari keratin (bahan tanduk). Besarnya dapat bervariasi. Akhirnya benjolan-benjolan itu melepas. Dalam beberapa hal terbentuk kutil-kutil pada tempat punksi venajugularis: dalam lain hal tumbuh kutil-kutil pada mukosa hidung sesudah sapi difiksasi pada hidungnya.
Kutil kutil pada puting dapat dipindahkan pada putihg sapi sehat lewat pemerahan. Sekali-kali ditemukan kutil-kutil dalam kista puting, dalam alat kelamin atau esofagus. Sapi muda yang menderita banyak kutil umumnya ketinggalan pertumbuhan dan kulit sangat rusak. Penyakit ini bersifat self limiting, umum. nya kutil kutil menghilang di antara satu bulan hingga satu tahun Seperti dikatakan reinfeksi mungkin terjadi.

Kuda
Pada kuda tidak sering ditemukan kutil kutil. Pertumbuhan ini terutama terlihat pada anak kuda di pinggir bibir dan pada hidung. Umumnya kutil kutil itu lebih kecil daripada kutil sapi. Bila kutil dipetik maka terjadilah luka yang berdarah. Anak kuda mudah ditulari.

Anjing
Papilomatosis atau penyakit kutil pada anjing hendaknya dianggap lebih serius daripada papilomatosis jenis hewan lain, karena pertumbuhan-pertumbuhan ini terutama berkembang di dalam mulut. Sesungguhnya tumor sendiri bersifat tenang, tetapi lokalisasinya sangat mengganggu Waktu inkubasi kira-kira 1-2 bulan. Penyakit ini sangat menular. Dalam suatu kennel biasanya semua anjing dapat tertular. Yang sering diserang ialah anjing muda. Kutil kutil mulai tumbuh di bagian luar bibir sebagai benjolan-benjolan kecil, pucat dan kasar. Sesudah itu secara cepat terbentuk kutil-kutil pada selaput lendir, bibir, pipi, langit- langit, lidah bahkan pada selaput lendir faring. Pertumbuhan-pertumbuhan itu menyerupai sebongkah kol kembang. Dalam kasus-kasus yang peka mengunyah dan menelan dipersulit. Biasanya mulut anjing berbau karena sebagian makanan bertimbun di antara tumor-tumor. Dalam kebanyakan hal penyembuhan spontan berlangsung dalam beberapa bulan.

1 Like