Bagaimana gejala klinis dan siklus hidup dari crayfisk plague pada lobster ikan aiir tawar?

Aphanomyces asctaci, filum oomycote termasuk family saprolegniaceae. Fungi tidak bersepta, cabang dengan hifa memiliki tebal 7-10 mikron. Zoospora biflagelata diproduksi secara aseksual. Terdapat empat grup berdasarkan amplifikasi DNA secara acak. Grup A-C berasal dari lobster air tawar sedangkan grup D berasal dari area subtropis.

image

Gejala Klinis
Kematian hanya terjadi pada lobster air tawar. Terdapat bercak putih pada abdomen dan basal dari kaki jalan. Abnormalitas cara berjalan seperti kaku atau gerakan terus-menerus dari kaki jalan. Bintik melanisasi terdapat pada karier atau lobster yang terinfeksi subakut. Lobster yang terinfeksi akan mati dalam 6-10 hari.

Siklus hidup
Fungi ini bermultiplikasi dengan hifa vegetative dan ramifikasi melalui jaringan horsper, kemudian menghasilkan sporangia ekstramaktrikal yang melepaskan spora amoeboid utama. Pada awalnya spora ini mengkista kemudian melepaskan zoospore biflagelata (zoospore sekunder) yang berenang di kolom air. Ketika melekat pada hospes rentan, spora akan mengalami germinasi dan memproduksi hifa vegetative invasive. Zoospora yang berenang bebas bersifat kemotaktik, tertarik pada bagian kutikula dan sering berdiam di kutikula dekat dengan luka. Zoospora dapat mengkista lagi dan menyerang kembali, memperpanjang periode infektif.