Bagaimana gejala klinis dan cara pengobatan penyakit Toxoplasmosis?

image

Toksoplamosis adalah infeksi yang disebabkan parasit Toksoplasma gondii. Terdapat hampir diseluruh dunia terutama daerah tropis.

1 Like

image

Toksoplamosis adalah infeksi yang disebabkan parasit Toksoplasma gondii. Terdapat hampir diseluruh dunia terutama daerah tropis. Infeksi kongenital pada manusia dapat menyebabkan lesi otak yang serius. Kucing menjadi reservoir penting karena bersifat
induk semang definitif. Kucing bisa terinfeksi toksoplasma dari daging mentah atau burung atau tikus yang mengandung toksoplasma. Manusia mungkinterinfeksi karena memakan daging mentah atau daging yang tidak dimasak dengan baik yang tercemar/mengandung toksoplasma. Termasuk juga sayur mentah yang tidak dicuci dengan baik.

Gejala:
Biasanya tidak ada tanda infeksi yang khas. Pada domba dapat terjadi abortus pada kahir kebuntingan. Gangguan syaraf terjadi akibat serangan pada sistem syaraf dengan gejala berputar-putar, inkoordinasi gerak, kekakuan otot serta kelelahan. Pada kucing dapat terjadi diare, hepatitis, miokarditis, miositis, pneumonia dan ensefalitis pada infeksi yang berat tetapi umumnya simptomatik.
Pada manusia biasanya asimptomatik, tetapi mungkin juga terjadi demam, sakit kepala, malaise, limfadenopati dan batuk yang lamanya bervariasi dan jarang terjadi miokarditis, ensefalitis dan pneumonitis. Infeksi otak yang berat dapat terjadi dari rektivasi infeksi laten pada individu yang mengalami penurunan sistem kekebalan (AIDS). Infeksi kongenital menyebabkan retinitis kronik, kerusakan otak, hidrosefali, mikrosefali, pembesaran hati dan limpa, trombositopenia, rash dan demam.

Pengobatan, Pengendalian dan Pencegahan:
Pengobatan pada manusia bisa menggunakan anthelmintik namun hasilnya tidak bagus. Pengobatan steroid untuk mata dapat mengatasi keradangan dan edema. Laser fotokoagulasi mungkin diperlukan. Wanita hamil sebaiknya tidak menngani kotoran kucing atau bila terpaksa menggunakan sarung tangan. Selalu cuci tangan dengan baik sebelum makan. Hindari makan daging atau sumber protein yang mentah (daging, telur). Cuci dengan baik sayuran mentah yang ingin dimakan.