Bagaimana gejala dan pengobatan Psittacosis?

Psittacosis adalah penyakit bakteri yang sebagian besar terkait dengan burung. Orang dapat terinfeksi dan burung biasanya merupakan sumber infeksi.

Gejala-gejala

  • Burung-burung

Infeksi umum terjadi pada burung dari keluarga burung nuri (psittacine) yang mencakup budgerigars, lovebirds dan parakeets. Burung lain yang mungkin terinfeksi termasuk kenari, unggas dan merpati.

Beberapa burung yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda-tanda klinis, sementara yang lain akan menunjukkan tanda-tanda penyakit seperti radang mata, masalah pernapasan dan kotoran berair.

Burung yang menunjukkan tanda-tanda penyakit harus menerima pengobatan antibiotik. Kandang atau kandang burung yang terkontaminasi harus dibersihkan dan didesinfeksi untuk mencegah risiko infeksi untuk burung dan orang lain.

  • Kuda

Psittacosis telah jarang dikaitkan dengan penyakit paru-paru pada kuda di masa lalu.

Baru-baru ini, psittacosis telah dikaitkan dengan aborsi, bayi lahir mati dan anak-anak kuda yang sakit di kuda di New South Wales dan Queensland. Ada dua wabah di NSW yang telah mengakibatkan infeksi di antara manusia yang bersentuhan dengan materi yang dicurigai. Industri kuda Australia saat ini sedang meneliti jumlah dan dampak dari kasus-kasus semacam itu.

  • Manusia

Gejala mirip influenza dapat terjadi 4 - 15 hari setelah kontak dengan hewan yang terinfeksi, dengan demam, sakit kepala dan rasa sakit dan nyeri secara umum. Kebanyakan orang dengan psittacosis mengembangkan batuk yang menjengkelkan. Penyakit biasanya berlangsung selama 7-10 hari dan, asalkan diberikan pengobatan dini, hanya sedikit masalah yang terjadi.

Pengobatan
Orang dengan psittacosis diperlakukan secara efektif dengan antibiotik. Seorang dokter harus dikonsultasikan sesegera mungkin.

Ref: https://www.business.qld.gov.au/industries/farms-fishing-forestry/agriculture/livestock/animal-welfare/pests-diseases-disorders/psittacosis