Bagaimana gejala dan cara menangani penyakit GDV ?

Gastric Dilatation and Volvulus (GDV), umumnya disebut sebagai kembung atau torsio lambung, dimana lambung anjing memutar dan terbalik sehingga menyebabkan pembesaran lambung yang berisi udara. Terkadang memang terdapat kasus pembesaran lambung berisi gas pada anjing tanpa disertai torsio, atau kembung (saja).

Beberapa gejala awal GDV dapat anda amati secara langsung, seperti adanya perubahan tingkah laku, anjing cenderung diam, terengah engah, nafas berat, air liur mengalir terus (ngiler), dan adanya reaksi muntah baik disertai keluarnya cairan atau tidak. Jika anda melihat tanda-tanda seperti ini, coba raba perut anjing anda, biasanya akan terabamembesar dan menegang, gusi nya memucat, detak jantungnya cepat. Anjing anda sedang koma!, segera hubungi tenaga medis terdekat.

Karena GDV adalah kasus darurat, tidak banyak hal yang dapat anda lakukan dirumah, oleh sebab itu segera larikan anjing anda ke rumah sakit hewan atau klinik hewan terdekat. Terapi cairan akan segera dilakukan untuk menstabilkan kondisi shock anjing, juga akan dilakukan gastric decompression untuk mengurangi tekanan gas dalam lambung. Jika kondisi anjing anda terus membaik, tidakan bedah akan segera dilakukan untuk mengembalikan posisi lambung ke posisi normalnya didukung dengan gastropexy. Selain itu kondisi organ dalam lain juga akan diperiksa oleh dokter bedah, biasanya organ limpa ikut terpelintir dan rusak, sehingga harus diangkat. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan darah, penderita GDV umumnya mengalami permasalahan pembekuan darah dan ketidak teraturan detak jantung.

Pastikan anjing anda tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan, lebih baik anda mengatur jam makannya dengan metode makan sedikit-sedikit tapi sering, jangan sekaligus makan dengan porsi banyak dalam satu waktu. Dan juga hindari melakukan exercise setelah makan, tunggu sekitar 1-2 jam sebelum mengajaknya jalan-jalan. Apabila anjing anda cenderung hiperaktif, kandangkanlah sebentar setelah ia makan.

Selalu jaga kesehatan anjing anda dan jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter hewan perihal kondisi anjing kesangan anda.

http://pecintasatwa.com/waspadai-gdv-pada-anjing/