Bagaimana etiologi penyakit Mastitis Mikotik?

Mastitis merupakan peradangan/infl amasi pada jaringan internal ambing atau kelenjar mammae yang disebabkan oleh mikroba (bakteri, virus, cendawan), zat kimiawi, dan luka akibat mekanis. Mastitis biasanya diawali dengan galactophoritis atau peradangan pada duktus/saluran mammae. Mastitits mikotik adalah mastitis yang disebabkan oleh mikroba jenis cendawan (kapang dan khamir).

Meskipun mastitis mikotik prevalensinya tidak sebesar mastitis bakterial namun perlu diwaspadai karena biasanya kasusnya subklinis dan kronis. Infeksi yang terjadi tergantung dari jenis dan banyaknya jumlah cendawan yang menginfeksi.

Mastitis dapat menyebabkan kerugian secara ekonomi karena dapat menurunkan produksi, kualitas dan komposisi susu serta menyebabkan gangguan kesehatan hewan.

ETIOLOGI

Penyebab mastitis mikotik adalah cendawan:

  1. golongan kapang yang bermiselium sejati (Aspergillus spp, Alternaria spp, Aerobasidium spp, Epicocum spp, Geotrichum spp, Penicillium spp, Phoma spp, dan Pichia spp), dan
  2. golongan khamir yang bersel satu dan tidak/bermiselium semu (Candida spp, Cryptococcus sp., Rhodoturrula spp, Trichosporon spp dan Saccharomyces spp).

Namun umumnya kasus mastitis mikotik lebih sering disebabkan oleh khamir khususnya Candida spp yang tergolong grup organisme uniseluler oportunistik.

Penyebab lain dari mastitis mikotik pada anjing adalah Blastomyces dermatitidis, merupakan cendawan dimorfi k golongan khamir dan biasanya terdapat di lingkungan.
1
Referensi:
http://wiki.isikhnas.com/images/b/b9/Manual_Penyakit_Hewan_Mamalia.pdf