Bagaimana epizootiologi crayfisk plague pada lobster ikan air tawar?

Aphanomyces asctaci, filum oomycote termasuk family saprolegniaceae. Fungi tidak bersepta, cabang dengan hifa memiliki tebal 7-10 mikron. Zoospora biflagelata diproduksi secara aseksual. Terdapat empat grup berdasarkan amplifikasi DNA secara acak. Grup A-C berasal dari lobster air tawar sedangkan grup D berasal dari area subtropis.

image

Epizootiologi: penyakit ini menyebar luas di Eropa dan Amerika Utara. Penyakit ini pertama kali muncul di utara Italia pada pertengahan abad 19 kemudian menyebar ke Balkan dan Laut Hitam hingga Rusia, Finlandia, dan Swedia. Pada tahun 1960 penyakit ini muncul di Spanyol dan menyebar ke Inggris, Turki, Yunani, dan Norwegia pada tahun 1980 an. Penularan terjadi secara horizontal dari zoospora di air. Lobster air tawar Amerika Utara merupakan karier resisten. Parasit terkapsulir dalam selubung melanin lobster resisten dimana tidak menimbulkan atau sedikit menginfeksi. Peralatan atau kendaraan basah dapat menyebarkan zoospore ke media air lainnya . Pada lobster air tawar Amerika Utara prevalensi infeksi lebih rendah pada hewan yang baru saja mengalami moulting. Prevalensi pada stadium awal outbreak cukup rendah. Namun patogen mengalami multiplikasi yang dilepaskan ke air, sehingga dapat menimbulkan kematian 100% pada populasi yang bersebelahan. Prevalensi juga berubah-ubah sesuai dengan lamanya penyakit menyerang. Mortalitas penyakit bervariasi dan dapat meningkat dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Faktor pendukung rentang suhu yang luas, antara 4-20oC. Kecepatan penyebaran bergantung pada beberapa faktor termasuk suhu air. Pada suhu rendah kurva epidemic sangat lambat dan mortalitas teramati hingga beberapa bulan. pH optimal dimana zoospore dapat berenang adalah 6-7,5 dengan rentang maksimal 4,5-9.