Bagaimana Domba bisa mewariskan ingatannya?

image

Apakah domba sebodoh tampangnya? Ya, tampaknya domba tak punya kecerdasan yang luar biasa di dunia binatang, tetapi mungkin mereka harus lebih dihargai dibandingkan dengan reputasinya itu.

Satu hal kelebihannya, domba ternyata punya daya ingat yang luar biasa karena mereka dapat mengingat wajah domba lain dan wajah manusia hingga dua tahun lamanya. Mereka juga dapat dilatih mengingat batuan dan sungai yang menandai batas – batas wilayahnya, lalu mewariskan informasi ini pada anak anaknya. Bagi penggembala, sifat ini tentu sangat bermanfaat. Yang menarik, kawanan domba akan menyimpan informasi ini selama ratusan tahun dengan mewariskannya dan satu generasi ke generasi berikutnya.

Domba juga menunjukkan bakat keberanian yang luar biasa. Sebagai contoh, baru – baru ini domba di Yorkshire, Inggris, telah belajar sendiri cara berguling melintasi pagar ternak untuk menyerbu kebun penduduk desa setempat. Domba pemberani ini telah diamati lari dari jauh, kemudian berguling seperti bola yang memasuki gawang atau seperti pasukan tentara yang sedang berlatih merayap di bawah jaring sempit. Karena kisi – kisi tersebut lebarnya 2,5 meter, ini bukanlah tantangan sulit. Konon, domba – domba yang kelaparan itu juga telah belajar memanjat atau melompati pagar-pagar setinggi 1,5 meter. Jadi, domba tidaklah sebodoh anggapan Anda!