Bagaimana distribusi dan gejala Rinderpest? Hewan apa saja yang diserang?

Rinderpest adalah penyakit virus akut, biasanya fatal, terutama sapi. Penyakit ini mempengaruhi sistem pencernaan dan saluran pernafasan. Ini adalah penyakit sapi yang menghancurkan.

Distribusi
Penyakit ini terjadi di beberapa bagian Afrika, Timur Tengah, Pakistan, India dan Nepal. Ada terjadinya rinderpest di Australia Barat pada tahun 1923, yang dengan cepat diberantas. Penyakit ini tidak pernah muncul kembali di Australia. Semua negara di dunia sekarang dinyatakan bebas dari penyakit.

Gejala
Terjadi demam mendadak, diikuti oleh depresi, kehilangan nafsu makan, produksi susu berkurang, pengeluaran hidung dan mata, dan nafas yang cepat dan bekerja. Erosi yang tidak teratur muncul di mulut, lapisan hidung dan saluran genital. Diare akut sering terjadi. Sebagian besar hewan mati 6-12 hari setelah munculnya tanda-tanda klinis.

Hewan yang diserang
Sebelum penyakit itu diberantas, sapi dan kerbau sangat rentan, dan rinderpest paling sering terlihat pada spesies ini. Domba dan kambing memang mengembangkan tanda-tanda klinis tetapi penyakit serius jarang terjadi. Penyakit memang terjadi pada unta, rusa dan babi, kadang tanpa tanda klinis. Manusia tidak pernah terpengaruh.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/a-z-list/rinderpest