Bagaimana Diagnosis Ventricular Tachycardia?

Detak dan irama jantung dipicu dan diaturoleh rangsangan listrik jantung. Ketika terjadi gangguan dalam proses hantaran listrik, di mana sinyal listrik dikirimkan terlalu cepat dari yang seharusnya, jantung akan berkontraksi lebih cepat dari normal. Kondisi inilah yang disebut dengan takikardia ventrikel. Bagaimana Diagnosis Ventricular Tachycardia?

image

Ventricular tachycardia atau takikardia ventrikel adalah suatu kondisi ketika bilik jantung (ventrikel) berdetak sangat cepat, yaitu lebih dari 100 kali per menit, dengan minimal 3 detak abnormal berturut-turut. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan pada kelistrikan jantung, biasanya terjadi pada kelainan jantung, seperti kardiomiopati dan penyakit jantung koroner.

Pemeriksaan fisik dilakukan sebagai pemerksaan awal untuk memeriksa denyut nadi, tekanan darah, dan mendengarkan suara serta irama jantung.
Pemeriksaan penunjang lainnya yang dapat dilakukan pada takikardia ventrikel:

  • Elektrokardiogram (EKG). Untuk mengukur aktivitas kelistrikan Pemasangan EKG portable selama 24 jam untuk merekam denyut jantung mungkin diperlukan untuk mendapat hasil yang lebih akurat.
  • MRI Jantung. Untuk mendapatkan gambaran detail jantung, dengan menggunakan gelombang magnet.
  • Ekokardiografi transesofagus. Menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dimasukkan melalui kerongkongan untuk mendapatkan gambaran katup jantung dan struktur jantung yang lebih detail.
  • Angiogram. Untuk mengetahui bagian jantung mana yang tidak mendapatkan jumlah darah yang cukup.
  • Studi elektrofisiologi. Untuk menemukan area tertentu pada jantung yang menyebabkan naiknya rangsangan listrik penyebab takikardia ventrikel.

Sumber : www.alodokter.com