Bagaimana Diagnosis Syringomyelia?

Adanya hambatan pada aliran cairan serebrospinal merupakan penyebab syringomyelia yang paling utama. Hambatan aliran ini seringkali disebabkan oleh suatu kelainan yang disebut malformasi Chiari. Bagaimana Diagnosis Syringomyelia?

image

Diagnosis Syringomyelia
Jika dicurigai menderita syringomyelia, dokter kemungkinan akan merujuk Anda pada seorang dokter spesialis saraf. Setelah menanyakan riwayat kesehartan serta melakukan beberapa pemeriksaan fisik, dokter spesialis saraf mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan:

  1. Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan alat pencitraan yang paling baik untuk mendiagnosa syringomyelia. MRI menggunakan pancaran gelombang magnet dan radio untuk melihat gambaran detail dari kondisi di sumsum tulang belakang.

  2. Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan menyuntikkan suatu pewarna ke pembuluh darah di daerah selangkangan. Pewarna ini akan larut dalam pembuluh darah dan memberikan gambaran jelas mengenai ada tidaknya tumor atau kelainan lainnya di sumsum tulang belakang.

  3. Computerized Tomography Scan (CT scan) atau tomografi dengan komputer untuk memperlihatkan gambaran detail dari tulang belakang dan sumsum tulang belakang menggunakan sinar-X.