Bagaimana Diagnosis Spondilosis Servikal?

Osteoartritis pada leher akan menyebabkan tulang leher mengalami kerusakan jaringan dan penurunan fungsi. Tulang leher akan berusaha memperbaiki jaringannya yang rusak, namun justru menghasilkan struktur tulang abnormal yang mempersempit saluran tulang belakang. Bagaimana Diagnosis Spondilosis Servikal?
image

Diagnosis Spondilosis Servikal
Periksakan diri ke dokter apabila Anda sering mengalami kaku dan nyeri di leher, terutama apabila usia Anda telah memasuki 60 tahun.

Selain menanyakan gejala-gejala yang dirasakan dan memeriksakan pergerakan leher atau refleks lengan dan tungkai untuk mengetahui adanya kerusakan saraf akibat penyempitan tulang belakang, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut bila diperlukan. Di antaranya adalah:

  1. Pemeriksaan foto Rontgen, untuk melihat pengapuran. Foto Rontgen dapat digunakan sebagai pemeriksaan awal untuk menyingkirkan kondisi seperti tumor, infeksi, atau patah tulang.
  2. CT scan, untuk melihat gambaran lebih detail terhadap tulang. Baik pada CT scan maupun foto Rontgen, dapat digunakan kontras yang disuntikkan pada saluran tulang belakang, untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.
  3. MRI, digunakan untuk mengetahui area spesifik terhadap jaringan saraf yang tertekan.
  4. Elektromiografi (EMG) dan tes konduktivitas saraf, untuk mengetahui aktivitas listrik antara saraf dengan otot, serta kecepatan penghantaran impuls listrik tersebut. Pada saat tes konduktivitas saraf, Anda akan merasa seperti tersetrum karena akan diberikan aliran listrik kecil untuk melihat kekuatan serta kecepatan penghantaran sinyal saraf.

Sumber : spondilosis-servikal