Bagaimana Diagnosis Sistokel?

Bagian bawah panggul manusia terdiri dari otot-otot, ligamen serta jaringan penghubung yang menopang kandung kemih dan organ panggul lainnya. Bagaimana Diagnosis Sistokel?
image

Menurut artikel pengobatan yang saya baca adalah sebagai berikut ini. Ada beberapa metode pemeriksaan yang mungkin akan diterapkan oleh dokter jika mencurigai seorang pasien terkena sistokel, di antaranya:

  • Pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa bagian panggul pasien untuk mencari tonjolan daging ke dalam vagina yang menandakan turunnya organ panggul.
  • Uji urine dan kandung kemih. Jika mengalami penurunan posisi kandung kemih cukup banyak, maka pasien akan disarankan untuk menjalani pengujian urine dan kandung kemih untuk melihat sebaik apa kandung kemih mengosongkan urine.
  • Sistouretrografi. Dalam metode pemeriksaan ini, pasien akan diminta oleh dokter untuk buang air kecil. Ketika pasien berkemih, serangkaian pemindaian sinar-X akan dilakukan. Citra yang didapat dari pemeriksaan ini akan membantu dokter menganalisa bentuk kandung kemih dan mengetahui penyebab gejala sulit buang air kecil.
  • Sistoskopi. Dokter kan memasukkan kamera kecil untuk melihat kondisi kandung kemih dari dalam. Pemeriksaan ini berfungsi untuk menentukan tindakan pengobatan yang tepat bagi pasien.
  • Urodinamika. Uji ini akan mengukur hubungan antara tekanan dan volume dalam kandung kemih.