Bagaimana Diagnosis Septic Arthritis?

Septic arthritis dapat terjadi karena selaput sendi (synovium) tidak bisa melindungi sendi dari infeksi sehingga tubuh bereaksi dengan menimbulkan peradangan pada sendi. Bagaimana Diagnosis Septic Arthritis?

image

Septic arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini umumnya menyerang sendi. Septic arthritis biasanya diderita oleh anak-anak dan lansia.

Septic arthritis dapat terjadi karena selaput sendi (synovium) tidak bisa melindungi sendi dari infeksi sehingga tubuh bereaksi dengan menimbulkan peradangan pada sendi. Infeksi berlangsung dengan cepat dan dapat merusak tulang muda serta tulang lain dalam sendi. Oleh karena itu, penanganan segera sangat diperlukan guna mengatasi gejala yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.

Guna menetapkan diagnosis septic arthritis, perlu dilakukan prosedur arthrocentesis, pemeriksaan darah, dan foto Rontgen.

Arthrocentesis merupakan prosedur pengambilan sampel cairan sendi dengan menggunakan jarum khusus guna diperiksa di laboratorium. Dari pemeriksaan laboratorium tersebut, dokter dapat mengetahui tanda-tanda infeksi dari jumlah sel darah putih pada cairan sendi yang tinggi, serta dapat menentukan jenis mikroorganisme penyebab infeksi.

Berbeda dari arthrocentesis, pemeriksaan darah dipakai untuk memonitor tanda-tanda peradangan akibat infeksi. Sedangkan pemindaian dengan foto Rontgen dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa parah kerusakan sendi yang terjadi.

Sumber : www.alodokter.com