Bagaimana Diagnosis Presbikusis?

Pendengaran terjadi saat gelombang suara mencapai struktur di dalam telinga, di mana getaran gelombang suara akan diubah menjadi sinyal saraf yang dipahami otak sebagai suara.
Bagaimana Diagnosis Presbikusis?
image

Diagnosis Presbikusis
Metode pemeriksaan yang mungkin dilakukan oleh dokter dalam kasus presbikusis meliputi:

  1. Pemeriksaan fisik. Dokter akan melihat kemungkinan penyebab kehilangan pendengaran, seperti kotoran telinga atau peradangan akibat infeksi.
  2. Skrining pendengaran. Dokter akan menguji pendengaran dengan menutup telinga satu persatu untuk melihat bagaimana kata didengar dalam berbagai volume, serta respons terhadap suara lainnya.
  3. Tes garpu tala. Tes ini dapat menunjukkan apakah kehilangan pendengaran disebabkan oleh kerusakan pada bagian-bagian yang bergetar di dalam telinga tengah (termasuk gendang telinga), atau kerusakan pada sensor dan saraf pada telinga bagian dalam.
  4. Tes audiometer. Dalam tes ini, pasien akan diminta untuk mendengar suara pada telinga satu persatu. Dokter akan mempedengarkan variasi suara dan meminta pasien menerangkan setiap kali suara itu terdengar. Setiap suara diulangi hingga volume paling rendah untuk menentukan tingkat pendengaran pasien.

Sumber