Bagaimana Diagnosis Pompholyx?

Gejala yang umum terjadi pada penderita pompholyx adalah munculnya luka lepuh di telapak tangan dan di bagian sisi jari. Selain itu, luka lepuh ini juga kadang-kadang dapat muncul pada telapak kaki.

Bagaimana Diagnosis Pompholyx?
image

Diagnosis dan pengobatan pompholyx
Mayoritas pasien yang diduga menderita pompholyx didiagnosis dengan cara pemeriksaan fisik serta pertanyaan seputar riwayat medis pasien. Dokter mungkin akan mengambil sampel kulit pasien untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium guna memeriksa kemungkinan gangguan kulit lainnya.
Pengobatan pompholyx berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahannya. Pengobatan utama pompholyx yang biasanya dipilih oleh dokter adalah pemberian krim pelembap dan krim steroid untuk mencegah kulit menjadi kering, serta mengurangi peradangan dan iritasi.

Jika pompholyx terus-menerus muncul kembali atau sudah parah, dokter mungkin akan menyarankan beberapa pilihan pengobatan lainnya seperti:

  1. Injeksi Botox, dapat digunakan untuk menangani pompholyx yang sudah parah.
  2. Obat oles atau tablet steroid, digunakan untuk membantu meredakan peradangan. Penggunaan steroid tablet harus diawasi dan tidak boleh dikonsumsi melebihi waktu yang disarankan dokter untuk meminimalisir kemungkinan efek samping.
  3. Obat penekan daya tahan tubuh, obat ini diijadikan pilihan apabila penderita ingin membatasi penggunaan steroid. Efek samping pengobatan ini adalah daya tahan tubuh akan menurun sehingga risiko infeksi pada kulit juga akan meningkat.
  4. Kapsul alitretinoin. Obat untuk menangani eksim parah yang mengenai tangan saat obat lainnya tidak ampuh.
  5. Fototerapi. Pada terapi ini, dokter mengombinasikan paparan cahaya ultraviolet dan dikombinasikan dengan obat-obatan yang membuat kulit lebih dapat menerima efek paparan ultraviolet.

Sumber