Bagaimana determinasi asupan makanan pada lansia?

Bagaimana determinasi asupan makanan pada lansia ?

Berbagai penurunan kondisi fisik yang dialami lansia, memerlukan perhatian khusus dalam asupan gizi yang dikonsumsi. Hal tersebut penting agar kondisi fisik tetap terjaga dan tetap prima. Sementara itu, asupan gizi sebagian besar diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh lansia. Lalu, bagaimana determinasi asupan makanan pada lansia ?

1 Like

Makanan dan pola makan yang sehat dapat menjamin lansia untuk hidup lebih sehat, tetap aktif dalam waktu yang lama, membantu melindungi diri dari penyakit, dan mempercepat penyembuhan bila terkena sakit. Namun, sebagian besar lansia mempunyai tingkat asupan makanan yang kurang yaitu 62,1%.

Asupan makanan yang kurang pada usila dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi faktor penyakit penyerta, depresi, gangguan gigi, kunjungan, penggunaan obat, cita rasa makanan, serta jumlah gigi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Panti Tresna Werdha Budi Mulia 01 Cipayung Jakarta oleh Amran (2012) menunjukkan bahwa berbagai faktor yang berhubungan dengan asupan makanan usila adalah penyakit penyerta, depresi, jumlah gigi, dan cita rasa makanan. Hasil uji multivariat menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan berhubungan dengan asupan makanan usila secara berturut-turut adalah cita rasa makanan, penyakit penyerta, dan jumlah gigi.

Referensi

Amran, Yuli et al… 2012. Determinan Asupan Makanan Usia Lanjut. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 6 (6) : 255-260.