Bagaimana deskripsi, penyebaran, dan pengendalian penyakit Newcastle Disease?

Penyakit Newcastle disebabkan oleh virus dari keluarga Paramyxoviridae .

Deskripsi

Penyakit Newcastle (ND) adalah penyakit virus yang sangat menular pada unggas domestik, burung kandang dan burung aviary, dan burung liar. Penyakit Newcastle Virulen adalah ancaman ekonomi yang serius bagi industri unggas di Australia.

Virus ND memiliki kemampuan yang bervariasi (patogenisitas) untuk menghasilkan penyakit klinis pada unggas domestik, dengan beberapa strain virus menunjukkan tingkat patogenisitas yang tinggi sementara strain lainnya tidak menghasilkan penyakit dan diklasifikasikan sebagai nonpathogenic (avirulent).

Penyebaran
ND menyebar dengan mudah melalui kontak dengan burung yang terinfeksi atau berpenyakit. Virus diekskresikan dalam kotoran dan berakhir di udara. Sumber infeksi lain adalah peralatan, bangkai, air, makanan dan pakaian yang terkontaminasi.

Pengendalian
Munculnya virus ND asal Australia oleh mutasi dari strain lentogenik menyebabkan pemikiran ulang tentang pengendalian penyakit di Australia. National Newcastle Disease Management Plan 2002 / 03-2003 / 04 dikembangkan dan National Newcastle Disease Steering Committee dibentuk pada tahun 2002. Program vaksinasi diperkenalkan untuk melindungi kawanan komersial terhadap virus ND. Mulai 1 April 2005, vaksinasi ayam dalam kelompok komersial di Queensland telah diwajibkan berdasarkan Peraturan Stock 1988.

Belum ada wabah ND sejak vaksinasi wajib. Saat ini National Newcastle Disease Management Plan 2013-2016 sudah tersedia. Rencana termasuk vaksinasi (sesuai dengan program vaksinasi penyakit Newcastle yang disetujui secara nasional - Prosedur operasi standar (SOP) ayam domestik komersial di semua negara bagian dan teritori). Di wilayah hukum yang dianggap berisiko rendah untuk wabah ND (QLD, SA, WA dan TAS), vaksinasi burung berumur pendek (yaitu burung dengan risiko yang relatif rendah) dapat dikurangi sesuai dengan SOP yang direvisi. Namun, dalam kelompok yang memilih untuk mengurangi vaksinasi, protokol surveilans sebagaimana yang dijelaskan dalam rencana harus dilaksanakan di bawah Undang-undang Keamanan Hayati 2014 di Queensland.

Strain eksotis virus ND virulen yang terdeteksi di Australia akan diberantas oleh pembatasan gerakan langsung kawanan dan penghapusan virus dengan menginjak unggas yang terinfeksi, vaksinasi pada kelompok berisiko, dan pembersihan / disinfeksi semua tempat yang terkena dampak.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/newcastle-disease