Bagaimana deskripsi, lokasi penyakit, dan penyebaran Equine herpesvirus?

Equine herpesvirus menyerang kuda serta anakan kuda. Bagaimana deskripsi, lokasi penyakit, dan penyebarannya?

Deskripsi
Equine herpesvirus (EHV) umumnya menyebabkan penyakit pernapasan ringan dan dapat menyebabkan aborsi, bayi lahir mati, kematian anak kuda baru lahir dan penyakit saraf pada kuda dewasa. Ada lima strain EHV. EHV1 adalah penyebab virus aborsi yang paling serius pada kuda meskipun EHV4 juga jarang menyebabkan aborsi.

EHV yang terkait dengan aborsi atau tanda-tanda neurologis pada kuda adalah penyakit yang dilaporkan berdasarkan undang-undang dan semua tersangka dan kasus yang dikonfirmasi pada kuda harus dilaporkan ke Biosecurity Queensland.

Penyebaran
Penyakit ini sangat mudah menular dan menyebar dengan mudah pada populasi kuda. Virus ini ditemukan pada sekresi hidung atau produk aborsi. Kuda kontrak penyakit dari menghirup tetesan yang terinfeksi atau makan materi yang terkontaminasi. Virus dapat bertahan 14-45 hari di luar tubuh tergantung pada kondisi lingkungan.

Lokasi penyakit
Penyakit ini terjadi di mana pun kuda disimpan. Aborsi dan tanda-tanda neurologis dilaporkan jarang dibandingkan dengan tanda-tanda pernapasan. Kasus-kasus neurologis telah dilaporkan, khususnya di Inggris dan Amerika Serikat.

Hanya bentuk pernafasan penyakit yang diakui di Australia sebelum 1977. Sejak saat itu, aborsi tunggal dan aborsi karena EHV1 telah terjadi secara sporadis. Penyakit neurologis yang terkait dengan infeksi EHV1 sangat jarang di Australia.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/equine-herpesvirus2