© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana desain rumah minimalis yang kecil?

Harga rumah semakin lama semaikn mahal sehingga rumah dengan luasan yang luas, seperti rumah jaman dulu, merupakan hal yang langka saat ini. Bagaimana cara desain rumah minimalis yang kecil ? Apa saja tips dan triknya ?

rumah-minimalis-modern-mewah

Desain rumah minimalis kini banyak diminati orang terutama para pengantin baru. Rumah minimalis memang sangat pas buay pasangan jaman sekarang alias generasi milenial. Selain terbukti lebih hemat, konsep desain rumah minimalis juga tampak lebih modern, rapid an kekinian.

Jangan lupa, biar bagaimanapun rumah bukan hanya soal ukuran atau tampilan, tapi juga soal kenyamanan juga lohhhhh. Nah buat anda yang berencana membangun rumah, pastikan telah memiliki rencana yang tepat agar rumah yang dihuni semakin nyaman.

HINDARI MENYIMPAN BARANG YANG TIDAK DIPERLUKAN

Ingat salah satu prinsip dari rumah idaman minimlais adalah barang-barang yang ada di dalam rumah pilihlah secara fungsional. Artinya, pisahkan atau buang-buang barang yang tidak berguna. Disisi ini pastikan perabotan yang ada memang memiliki fungsi yang nada perlukan. Lebih bagus lagi jika bersifat multifungsi.

MINIMALISASI PENGGUNAAN SEKAT ANTAR RUANG

Sebaiknya untuk melakukan desian rumah minimalis modern, jangan terlalu banyak untuk memberi sekat antar ruang. Penggunaan sekat atau pembatas ruangan akan membuat ruangan menjadi lebih sempit.

PENGGUNAAN CERMIN SEBAGAI DEKORASI

Cermin bersifat memantulkan baynagan sehingga mampu menciptakan ilusi yang dapat membuat rumah seolah lebih besar dari yang sebenarnya. Untuk hal ini pilihlah cermin yang besar sebagai dekorasi dinding.

TAMBAHKAN UNSUR ALAM

Untuk memberi kesan hangat, anda bisa memilih beberapa furniture dengan motif atau berbahan dasar kayu atau batu alam. Buatlah suasana alam semakin cantik dan asri yaitu dengan menambahkan beberapa tanaman hias. Pilihlah tanaman yang mampu beradaptasi padsa kondisi didalam ruangan.

PILIHLAH FURNITUR YANG TIDAK MEMAKAI BANYAK RUANG

Gunakan furniture gantung atau menempel di dinding adalah cara utnuk menghemat banyak ruang. Furniture gantung dan tempel adalah furniture yang tampak praktis dan membuat nuansa ruangan menjadi lebih lapang.

HINDARI MEMILIH WARNA GELAP

Pemilihan warna-warna pada rumah minimalis pun khas dengan warna netral seperti putih, hitam, abu, dan cream. Warna-warna netral ini juga gak jarang dikombinaiskan dengan sedikit warna cerah. Jika anda ingin membuat ruangan tampak luas, pilihlah warna terang seperti abu-abu muda sebagai wrana dominan.

Sumber : http://sevendreamproperty.com

Berikut adalah desain rumah minimalis dengan ukuran 5x20 m, atau dengan luas tanah 100 m2, yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda dalam merancang rumah minimalis.

Rumah ini terdiri dari 2 lantai, dengan tetap mengedepankan konsep green, dimana tanaman dan pohon merupakan hal yang terpenting yang harus adapada rumah.

Tampilan depan


Rumah minimalis modern

Lantai 1


Ruang pertama sebelum memasuki rumah adalah ruang penyambutan dan juga garasi sepeda motor kecil, setelah pintu utama adalah ruang tamu, dan kemudian dapur dan ruang makan. Satu kamar tidur terletak di ujung dan dipisahkan dari dapur dan ruang makan oleh taman kecil. Taman ini telah menciptakan angin dan cahaya untuk semua ruang di lantai 1 dan juga ruang untuk membaca buku dan bersantai keluarga.

Lantai 2


Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di lantai 2, sehingga lantai 2 diperuntukkan ruang keluarga, ruang baca, dan ruang ibadah. Semua ruang ini diarahkan menuju ruang hijau taman kecil di antara rumah.

Potongan Tampak Samping dan Denah Rumah



Kalau dilihat dari potongan samping, bisa kita lihat bahwa ada taman di tengah2 rumah, dimana hal itu sesuai dengan konsep green yang menjadi penekanan didalam desain rumah ini. Kamar tidur dletakkan di belakang, sehingga semua ruangan mendapatkan sirkulasi udara yang bagus.


Galeri


Berikut adalah gambar-gambar desain rumah dari segala perpektif.



Rumah minimalis modern

Rumah minimalis modern
Rumah minimalis modern


Rumah minimalis modern
Rumah minimalis modern

Sumber : https://www.archdaily.com/