Bagaimana dasar-dasar kamera tentang Live View?

Live View, yang menampilkan kecepatan AF cepat yang mengimbangi AF viewfinder, secara bertahap menjadi metode pilihan pemotretan bagi banyak fotografer.

Live View: Metode yang memproyeksikan gambar dalam waktu nyata pada layar LCD

  • Perubahan dalam warna dan kecerahan diamati dalam waktu nyata.
  • Tidak memberikan tekanan pada subjek sewaktu memotret.
  • dapat membidik pada posisi tubuh yang nyaman apabila melakukan pemotretan pada posisi tinggi atau rendah.

Jenis pemandangan apakah yang sesuai untuk pemotretan Live View? Manakah yang lebih baik untuk pemotretan viewfinder?

Live View adalah fitur yang memungkinkan Anda memverifikasi gambar yang diproyeksikan pada monitor LCD belakang saat Anda membidik. DSLR seperti EOS 77D dan EOS 800D memungkinkan untuk beralih ke Live View dengan menekan tombol pemotretan Live View. Karena Live View adalah metode standar yang digunakan untuk pemotretan pada kamera mirrorless, seperti EOS M6, fitur ini bisa digunakan setelah kamera dihidupkan.

Keuntungan terbesar Live View yaitu, dapat melihat perubahan dalam warna dan kecerahan sebelum melepaskan rana. Apabila melakukan penyesuaian pada white balance dan kompensasi pencahayaan, efeknya secara serentak direfleksikan pada layar LCD, sehingga bisa melakukan pratinjau dan menentukan, apakah akan langsung membidik dengan penyesuaian, atau menyesuaikannya lebih jauh.

Juga terdapat keuntungan lainnya. Karena dapat memperbesar tampilan dan memilih area yang ingin fokuskan, fitur ini sangat berguna apabila ingin melakukan pemfokusan yang tepat, khususnya dalam fotografi makro. Karena pemotretan Live View tidak mengharuskan fotografer melihat ke dalam viewfinder yang menghalangi wajahnya, maka sang subjek tidak merasa tertekan saat difoto—dan hal ini penting untuk fotografi potret wajah, karena harus menonjolkan dan menangkap ekspresi subjek yang paling wajar. Terlebih lagi, Live View sangat berguna sewaktu membuat rekaman video. Kamera termutakhir yang dilengkapi dengan Dual Pixel CMOS AF memungkinkan kecepatan AF yang luar biasa dan pelacakan tanpa hambatan pada subjek bergerak ketika membuat rekaman video.

Pemotretan Live View dan monitor LCD yang dapat diputar: Pasangan yang istimewa

Mengombinasikan penggunaan Live View dengan monitor LCD yang dapat diputar, menjadi lebih leluasa untuk menyusun komposisi. bahkan dapat membidik pada posisi tinggi dan rendah tanpa harus menahan sikap tubuh yang tidak nyaman. Bahkan, dengan memutar monitor LCD 180 derajat, dapat dengan mudah ber-selfie.

Monitor LCD yang dapat diputar tersedia dalam jenis 'vari-angle’ atau ‘tilt’ (miring), dengan jenis vari-angle yang digunakan pada DSLR, dan jenis miring yang digunakan pada kamera mirrorless. Kedua fitur ini, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya. Kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini.

image

Jenis vari-angle (layar berputar-balik secara horizontal)

Keunggulan EOS 77D :

  • Membidik dari sudut tinggi atau rendah, bahkan sambil menahan bodi kamera utama pada posisi horizontal
  • Tidak perlu berada langsung di belakang kamera untuk membidik—kamera bisa dipegang agak menyamping

Kekurangan EOS 77D :

  • Harus membiasakan diri untuk menyejajarkan gambar, karena sumbu optik lensa dan monitor LCD tidak sejajar
  • Memerlukan waktu lebih lama untuk mengembalikan layar LCD ke tempatnya

image

kamera canon EOS M6 biasanya digunakan untuk model dialy vlog.

keunggulan :

  • Sumbu optik lensa dan monitor LCD sejajar
  • Dapat segera mengembalikan monitor LCD ke tempatnya

kekurangan :

  • Membatasi cara menggerakkan kamera
  • Harus memiringkan kamera untuk membidik dari sudut rendah (atau tinggi)

###Konsepan Posisi Pembidikan

image

berikut adalah model posisi membidik dari sudut rendah dengan setingan FL: 56mm (setara 90mm)/ Aperture-priority AE (f/5, 1/400 det., EV-1,0) / ISO 100/ WB: Daylight.

image

berikut adalah model posisi membidik dari sudut tinggi dengan setingan FL: 97mm/ Program AE (f/5.6, 1/160 det., EV+1,0)/ ISO 100/ WB: Daylight.

Dengan Live View, dapat membidik secara nyaman tanpa harus menahan posisi tubuh yang sulit, seperti pada posisi rendah yang sangat dekat ke tanah, atau pada posisi tinggi yang tidak dapat diraih oleh level mata , tanpa harus melihat ke dalam viewfinder. Manfaatkanlah penggunaan Live View apabila ingin memotret subjek pada posisi pemotretan yang sulit.

Konsepan Touch Shutter (Rana Sentuh)

Touch shutter (rana sentuh) adalah suatu fungsi di mana fokus AF dan pelepasan rana dilakukan hanya dengan mengetuk pada bagian di layar yang ingin fokuskan sewaktu dalam Live View. Karena tidak perlu memilih titik AF seperti dalam pemotretan viewfinder, kemudian dapat membidik secara cepat, bahkan pada pemandangan yang memiliki objek dengan jarak yang bervariasi, seperti pada contoh di atas. foto diatas menggunakan setingan FL: 135mm (setara 216mm)/ Aperture-priority AE (f/5.6, 1/200 det., EV+0,7)/ ISO 4000/ WB: Daylight.