Bagaimana dasar-dasar kamera dalam fokus Mode AF?

Autofocus ( AF ) Mode . Autofocus ( AF ) adalah fungsi kamera untuk otomatis memfokuskan pada subjek.

Apabila menetapkan fokus pada suatu subjek, sangatlah penting untuk mengantisipasi pergerakan subjek dan menangkapnya pada momen yang tepat. Ini artinya, Anda harus mengetahui mode autofocus (AF) yang sesuai untuk digunakan pada subjek yang tidak bergerak, dan mana yang digunakan apabila subjek sedang bergerak. contohnyya seperti ini :

Pilih mode AF yang paling sesuai dengan karakteristik pergerakan subjek

Hal yang perlu dicatat

  • Apabila subjek tidak bergerak, pilih One Shot AF (AF Sekali Bidik).
  • Apabila subjek bergerak, pilih AI Servo AF.
  • Apabila gerakan subjek tidak dapat diprediksi, pilih AI Focus AF.

Ada 3 jenis mode AF yang bisa dipilih, dan paling sesuai dengan situasi pemotretan Anda. One Shot AF, AI Servo AF, dan AI Focus AF yang secara otomatis beralih di antara One Shot AF dan AI Servo AF bilamana perlu.

Dalam mode One Shot AF, tekan separuh tombol rana. Setelah fokus ditetapkan, kamera akan memaku fokusnya. Ini adalah mode AF yang paling sesuai untuk memotret subjek yang tidak bergerak. Dalam mode AI Servo AF, AF diaktifkan selama Anda menekan separuh tombol rana, dan terus-menerus fokus pada subjek tersebut. Sedangkan, AI Focus AF ideal untuk memotret subjek yang pergerakannya tidak dapat diprediksi. Dalam mode ini, kamera beralih di antara One Shot AF dan AI Servo AF menurut pergerakan subjek, dan memilih mode AF mana yang digunakan menurut situasinya.

gambar diatas adalah mode One Shot AF dengan menggunakan :
kamera EOS 5D Mark III/ EF50mm f/1.4 USM/ FL: 50mm/ Aperture-priority AE (f/1.4, 1/6400 det., EV+1)/ ISO 100/ WB: Auto

Manfaat: Mudah menetapkan dan memaku fokus
Kekurangan: Fokus mudah hilang jika subjek bergerak

Tetapkan fokus sambil menekan separuh tombol rana. Teruslah menekan separuh tombol rana sampai fokus ditetapkan dan kamera akan memaku pada fokus tersebut. Ini adalah paling ideal untuk memotret subjek diam, seperti jalanan, daun meja dan lanskap. Namun demikian, jika subjek bergerak setelah fokus dipaku, foto akan keluar dari fokus.

gambar ini menggunakan mode AI Servo AF dan dengan menggunakan setingan kamera EOS 7D Mark II/ EF70-200mm f/4L IS USM/ FL: 135mm (setara 216mm)/ Aperture-Priority AE (f/4, 1/1250 det., EV±0)/ ISO 160/ WB: Auto

Manfaat: Dapat mempertahankan fokus pada subjek yang bergerak
Kekurangan: Sulit menetapkan fokus pada tempat atau lokasi yang Anda inginkan

Kamera akan terus menetapkan fokus selama tombol rana ditekan separuh, yang membuat hal ini paling sesuai untuk memotret subjek yang senantiasa bergerak menjauhi atau mendekati kamera. Namun demikian, mungkin sulit untuk mendapatkan komposisi gambar sempurna yang Anda inginkan, karena fokus halus tidak begitu mudah diperoleh.

gambar tersebut menggunakan mode AI Focus AF dengan setingan kamera EOS 5D Mark III/ EF70-200mm f/2.8L IS II USM/ FL: 200mm/ Aperture-priority AE (f/5, 1/160 det., EV+0,3)/ ISO 160/ WB: Daylight (Siang).

Manfaat: Paling baik untuk subjek yang pergerakannya tidak dapat diprediksi dan tidak menentu
Kekurangan: Sulit menentukan mode mana yang saat ini digunakan

Dalam mode AI Focus AF, kamera secara otomatis beralih di antara mode One Shot AF dan mode AI Servo AF tergantung pada keadaan subjek, apakah sedang bergerak atau diam. Hal ini sangat berguna apabila memotret gambar subjek yang karakteristik pergerakannya tidak dapat diprediksi, misalnya, hewan dan anak-anak yang berlarian pada satu saat, lalu diam tidak bergerak pada saat berikutnya. Akan lebih sulit untuk menetapkan komposisi dengan mode ini dibandingkan mode One Shot AF, karena lebih banyak upaya yang dicurahkan pada mode ini untuk menjaga fokusnya.

Konsep Mode AF area selection (pemilihan area AF)

Single-point AF
image

Zone AF
image

Automatic Selection AF (AF Pemilihan Otomatis)
image

Mode AF area selection (pemilihan area AF) adalah suatu fungsi yang menentukan area bingkai AF ketika menetapkan fokus. Anda bisa memilih untuk melakukan pemfokusan otomatis dengan menggunakan satu titik atau seluruh zona. Walaupun jenis fungsi yang ditampilkan beragam di antara kamera pada umumnya, namun kerap kali model level pemula akan memiliki sekurangnya tiga jenis mode AF yang disebutkan di atas. Single-point AF, Zone AF dan Automatic Selection AF. Jika penekanannya adalah menetapkan fokus pada suatu titik, mode Single-point AF adalah pilihan yang bagus. Jika menggunakan suatu zona untuk menetapkan fokus, pilih Automatic Selection AF. Untuk yang lainnya, gunakan Zone AF.

Sangatlah penting untuk mengetahui, mode AF area selection mana yang digunakan menurut ukuran dan karakteristik pergerakan subjek. Apabila memotret subjek atau pemandangan yang ukurannya kecil, dan diperlukan fokus yang jitu, gunakanlah Single-point AF. Untuk subjek yang pergerakannya tidak dapat diprediksi, maka yang terbaik digunakan adalah Automatic Selection AF. Untuk pemandangan yang memerlukan pertimbangan terhadap subjek yang bergerak dan komposisi foto yang bagus, yang paling sesuai adalah mode Zone AF.