Bagaimana dapat terjadi reposisi MVP dari “Minimum Viable Product” menjadi “Minimum Valuable Product” ?

Penting bagi kita untuk bisa mereposisi MVP dari “Minimum Viable Product” menjadi “Minimum Valuable Product”, kenapa ?

Penting bagi kita untuk bisa mereposisi MVP dari “Minimum Viable Product” menjadi “Minimum Valuable Product” karena menurut Wikipedia.org untuk Produk Berkelanjutan Minimum dimulai dengan definisi berikut:
“Dalam pengembangan produk, Minimum Viable Product (MVP) adalah produk dengan laba atas investasi tertinggi versus risiko.”

MVP adalah konsep yang kuat dengan janji nilai nyata dengan risiko keuangan minimal. Namun
seringkali konsep ini diencerkan hingga uraian berikut menemukan sedikit lebih jauh ke bawah
halaman Wikipedia yang sama:
“Sebuah Produk yang Dapat Diterima Minimum hanya memiliki fitur-fitur inti yang memungkinkan produk untuk digunakan, dan tidak lebih.”

Hasilnya adalah perhatian miring pada fitur daripada nilai dan fokus pada kemampuan teknologi daripada kebutuhan pengguna. Dan tanpa fokus pada apa yang sebenarnya dibutuhkan pengguna, bagaimana MVP dapat memberikan nilai apa pun?

Menurut UsabilityNet.org di artikel mereka yang mendefinisikan Kegunaan:
“Kegunaan tidak boleh disamakan dengan ‘fungsi’, namun, karena ini semata-mata berkaitan dengan fungsi dan fitur produk dan tidak berpengaruh pada apakah pengguna dapat menggunakannya atau tidak. Peningkatan fungsi tidak berarti peningkatan kegunaan. "

Risiko untuk terlalu fokus pada fitur adalah solusi percontohan yang tidak relevan bagi pengguna. Tidak hanya membuang-buang usaha, ia mengembalikan sedikit wawasan berharga untuk menginformasikan iterasi berikutnya dari produk.

Mempertimbangkan MVP sebagai “Produk VALUABLE Minimum” daripada “Produk VIABLE Minimum” itu memfokuskan kembali pada aspirasi asli menghasilkan produk dengan laba atas investasi tertinggi versus risiko.

Mari pastikan bahwa MVP adalah produk berharga seperti yang dimaksudkan semula karena :

  • Berharga untuk Pengguna
  • Berharga untuk Proyek
  • Berharga untuk Bisnis

From Minimum Viable Product to Minimum Valuable Product