Bagaimana dampak penggunaan obat kumur pada ibu hamil?

Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini mengingat dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kehamilan. lalu bagaimana dampak penggunaan obat kumur pada ibu hamil?

Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini mengingat dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kehamilan. Salah satu kepedulian tentang kesehatan gigi ibu hamil adalah dengan menyebarluaskan informasi bagaimana merawat gigi dengan benar sejak sebelum hamil dan saat kehamilan. Perawatan kesehatan gigi yang benar akan membantu meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi. Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar Depkes 2007 menunjukkan 72,1 persen penduduk Indonesia mengalami karies pada gigi. Penduduk yang mengalami gangguan kesehatan gigi ini tentu saja termasuk ibu hamil dan wanita usia subur.

Penggunaan obat kumur sebenarnya dibolehkan untuk ibu hamil dan menyusui, hanya saja obat kumur tersebut tidak boleh tertelan. Apalagi jika obat kumur tersebut memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi, tetapi disarankan jika ingin aman ibu hamil tidak perlu menggunakan obat kumur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2012/10/17/18530081/6.Alasan.Pentingnya.Ibu.Hamil.Jaga.Kesehatan.Gigi