Bagaimana dampak pemungutan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu negara?

pajak

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Bagaimana dampak pemungutan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu negara?

Dampak langsung dari pemungutan pajak adalah pada pendapatan disposibel. Pendapatan disposibel adalah pribadi dikurangi dengan pajak. Pendapatan ini merupakan pendapatan yang dapat dibelanjakan untuk konsumsi. Dalam hal ini pertumbuhan ekonomi direpresentasikan dengan nilai Gross Domestic Product (GDP). Setiap kali peningkatan pemungutan pajak akan menurunkan nilai konsumsi dan akan menurunkan pertumbuhan ekonomi. Penjelasan ini hanya berlaku jika berasumsi komponen GDP lainnya adalah tetap.

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pemerintah. Artinya, secara langsung peningkatan pemungutan pajak dapat meningkatkan pendapatan pemerintah.

Peningkatan pemungutan pajak akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi jika nilai konsumsi, investasi, dan neto ekspor minimal tetap. Pajak akan menurunkan konsumsi, di sisi lain, pajak menaikkan pendapatan pemerintah. Karena nilai uang yang dikeluarkan dari rumah tangga maupun masyarakat untuk pajak adalah sama dengan pendapatan pemerintah dari pajak, maka nilai pengeluaran pemerintah yang bersumber dari pajak paling besar sama atau lebih kecil dari nilai pajak itu sendiri.