Bagaimana dampak obat gigi pada penderita ODHA?

ingin-gigi-tetap-sehat-hindari-makanan-dan-minuman-berikut-of-gambar-gigi

Menjadi penderita ODHA diharuskan untuk menghindari beberapa obat agar terhindar dari masalah, lalu bagaimana dampak obat gigi untuk penderita ODHA? amankah?

Adanya riwayat pengobatan dengan ARV dengan disertai pengobatan anti nyeri atau anti radang maka hal ini aman untuk digunakan bersamaan terutama untuk pengobatan radang akut pada pasien dengan keluhan nyeri atau radang, seperti keluhan sakit gigi yang Anda rasakan. Pengobatan dapat dilanjutkan sesuai rencana dokter.

Namun, bila pengobatan yang diberikan belum mendapatkan pemulihan yang positif, maka Anda dapat kembali berkonsultasi dengan dokter gigi Anda untuk perawatan gigi dan pengobatan lebih jauh. Sampaikan informasi riwayat kesehatan Anda bahwa Anda dalam masa pengobatan ARV, sehingga dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda saat ini terutama kemungkinan respon pengobatan yang kurang optimal yang sudah diberikan.

Pada pasien dengan riwayat pengobatan ARV, maka terkadang ditemukan pemulihan yang berjalan lebih lama dibandingkan dengan biasanya, hal ini dapat disebabkan sistem pemulihan tubuh yang menurun.

Sehingga, yang perlu Anda lakukan untuk mendukung pemulihan ini adalah menghindari apapun yang dilarang oleh dokter gigi Anda, sehingga resiko yang memperlambat pemulihan dapat dihindari.