Bagaimana dampak dari smart city bagi para penduduknya apabila diterapkan di salah satu kota di Indonesia?

Smart city merupakan teknologi yang sedang ingin dikembangkan pemerintah Indonesia, apabila konsep smart city diterapkan di Indonesia, dampak seperti apa yang akan ditimbulkan, khususnya bagi masyarakat?

Sebenarnya smartcity sudah banyak berdiri di Indonesia ini. Dan akhir-akhir ini banyak smartcity baru yang akan dibangun oleh beberapa perusahaan. Perlu diketahui, pemerintah sudah merencanakan pada tahun 2019 telah berdiri setidaknya 100 smartcity diseluruh penjuru Indonesia. Pemerintah melakukan perencanaan demikian agar kualitas pemukiman di Indonesia ini meningkat.

Selain untuk memperbaiki kualitas pemukiman di Indonesia, smartcity juga sangat dibutuhkan oleh Indonesia untuk menekannya populasi manusia yang masih belum memiliki tempat tinggal yang layak. Hal ini masih sering ditemui di daerah pinggiran sungai. Disana masih terdapat banyak masyarakat yang membuat perumahan di daerah sungai. Dan buruknya lagi rata – rata pemukiman yang berdiri disana adalah sebuah pemukiman yang kumuh. Dengan di dirikannya smartcity ini semoga dapat menurunkan tingkat pemukiman kumuh di Indonesia.

Ada juga kegunaan smartcity untuk rakyat Indonesia sendiri yaitu untuk pemuasan masyarakat Indonesia yang masih sering mengeluh akan kurangnya sarana prasarana yang ada di lingkungan mereka. Dengan berdirinya smartcity ini masyarakat Indonesia akan dimanjakan dengan peralatan-peralatan yang tergolong sudah canggih. Mereka akan dimanjakan dari segi lingkungan, segi perekonomian, segi transportasi, segi sumber daya terbarukan, dan segi pola hidup yang sehat dan cerdas.

Untuk pendirian smartcity sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali dampak positif yang ditawarkan, seperti beberapa contoh diatas. Namun, tidak menutup kemungkinan dampak negatif dari smartcity ini untuk muncul. Dampak negatif yang sangat menakutkan salah satunya adalah bila penawaran yang diberikan oleh smartcity ini tidak digunakan secara maksimal, maka pemakainya hanya akan menggunakan alat-alat tersebut sebagai penggembira saja. Beda dengan orang yang mmenggunakan alat-alat tersebut semaksimal mungkin. Mereka akan menggunakannya untuk lebih mencerdaskan mereka. Nah inilah beberapa dampak yang dapat muncul ketika smartcity tumbuh di suatu kota. Mereka bisa mencerdaskan pengguna nya atau malah memutar baliknya.

Sumber :

Indonesia semakin berkembang begitu juga dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia. Pemerintah, memiliki tanggungjawab untuk terus mengembangkan kota-kota di Indonesia menuju kota pintar atau smart city.

Konsep smart city ini dapat memberikan pengaruh positif yang besar dari mulai menyelesaikan kemacetan, keamanan warga kota, penumpukan sampah dan lain sebagainya.

Smart city merupakan sebuah impian dari hampir semua Negara di dunia. Dengan Smart City, berbagai macam data dan informasi yang berada di setiap sudut kota dapat dikumpulkan melalui sensor yang terpasang di setiap sudut kota, dianalisis dengan aplikasi cerdas, selanjutnya disajikan sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui aplikasi yang dapat diakses oleh berbagai jenis gadget. Melalui gadgetnya,secara interaktif pengguna juga dapat menjadi sumber data, mereka mengirim informasi ke pusat data untuk dikonsumsi oleh pengguna yang lain.

Dampak dari penerapan smart city bagi masyarakat tentunya sangat lah banyak dan sangat menguntungkan. Dampak yang akan diperoleh mayarakat adalah berbagai macam manfaat yang akan memudahkan dan membuat setiap pekerjaan manusia menjadi lebih efektik dan efisien.

Karena tujuan dari Smart City adalah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan publik agar mencapai pembangunan berkelanjutan dan dapat meningkatkan kualitas hidup warganya. Misalnya, jika selama ini Anda merasa kesulitan untuk mengurusi keperluan yang menyangkut birokrasi, dengan adanya Smart City akses akan lebih mudah dan transparan.

Salah satu keuntungan dari konsep ini adalah dapat menciptakan perencanaan dan pengembangan kota layak huni yang lebih baik di masa depan.

Konsep smart city membuat layanan e-government dapat lebih cepat implikasinya kepada masyarakat. Dengan begitu, ini bisa meningkatkan produktivitas daerah atau daya saing ekonomi.

Dengan berbagai manfaat dari diterapkannya smart city diIndonesia pasti juga akan menimbulkan dampak yang negatif, yaitu masyarakatnya pasti akan menjadi lebih malas dalam melakukan sesuatu hal dan menjadi diperbudak dengan adanya teknologi yang semakin memudahkan pekerjaan mereka.

Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus bisa memanfaatkan dan menggunakan semua fasilitas yang telah memudahkan pekerjaan dengan baik agar bisa memberikan kita banyak keuntungan dan bukan sebaliknya.

Konsep smart city sudah mulai diterapkan di beberapa kota Indonesia seperti, Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang. Konsep ini diharapkan mampu menyelesaikan berbgai permasalahan kota pada umumnya seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan.

Meski sudah diterapkan namun, dalam pelaksanaanya smart city di Indonesia belum maksimal hambatan utama adalah penerimaan masyarakat yang masih tebatas, ketersediaan dana, teknologi, dan SDM yang mumpuni. Meski begitu bukan tidak mungkin suatu hari nanti Indonesia sukses menerapkan konsep smart city.

Apabila smart city telah diterapkan secara maksimal tentunya banyak dampak positif yang dibawanya, khususnya bagi masyarakat, meski awal penerapanya mengalami kesulitan namun, lama kelamaan masyarakat akan mulai terbiasa dengan teknologi dalam smart city. Berbicara tentang keberhasilan smart city kita bisa melihat Negara tetangga yaitu singapura yang dianggap sebagai negara yang berhasil menerapkan smart city dimana kini taraf hidup masyaraktnya sangat tinggi, tingkat kedisplinan pun tinggi.

Tidak menutup kemungkinan masyarakat Indonesia pun akan berkembang, pengaplikasian smart city meningkatkan kualias hidup masyarakat, karena orientasinya memang untuk memberikan kemudahan bagi lingkungannya. Masyarakat juga akan semakin aktif dan kritis dalam menilai kinerja pemerintah. Selain itu dari segi SDM akan mengalami peningkatan mutu karena tuntutan kebutuhan, penerapan smart city tentunya membutuhkan banyak tenaga ahli, masyarakat yang sadar akan tuntutan tersebut tidak akan diam ditempat dan berusaha terus mengembangkan diri, dengan begitu lapangan pekerjaan pun akan semakin luas.

Penerapan smart city akan menjadikan tatanan kota menjadi lebih kondusif. Kehadiran smart city memang untuk menjadikan kehidupan masyarakat semakin baik . Baik itu melalui integrasi sistem, efisiensi birokrasi, akses fasilitas, hingga peningkatan kualitas hidup warga… Sistem smart city dibuat dengan memperhatikan perubahan zaman serta tidak mengesampingkan aspek lingkungan.

Sumber :

Smart City bisa diartikan sebagai kota pintar atau kota cerdas. Smart City adalah konsep kota yang dirancang untuk memudahkan dan membantu masyarakat di kota tersebut dalam melakukan berbagai hal terutama dalam hal kemudahan mendapatkan informasi, mengelola sumber daya agar lebih efektif dan efisien, dan juga untuk mengantisipasi kejadian- kejadian yang tidak terduga seperti kecelakaan dan mungkin bencana alam.

Smart City memiliki sangat banyak manfaat bagi pemerintah maupun masyarakat. Smart city memiliki banyak manfaat, antara lain : memudahkan implikasi layanan e-government yang mana bisa meningkatkan daya saing ekonomi suatu daerah, Smart city membuat sistem transportasi menjadi lebih efisien, penciptaan bangunan hemat energid an ramah lingkungan, lingkungan menjadi lebih lestari karena konsep pengaturan pembuangan limbah dan pengelolaan air yang lebih maju, dan juga Amart City bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Saat ini pemerintah sedang mencoba menerapkan Smart City di kota besar di Indonesia. Mungkin suatu saat tidak hanya di kota-kota besar saja namun bisa merata di seluruh Indonesia karena dengan begitu Indonesia bisa lebih maju dan memiliki daya saing dengan negara-negara besar di dunia.

Sumber :